Breaking News:

Berita Sragen

PTSL di Kabupaten Sragen Tinggal Dua Persen

Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Sragen tinggal dua persen.

Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Loket pelayanan informasi dan pengaduan Badan Pertanahan Nasional Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Sragen tinggal dua persen. Dua persen tersebut tersebar di sejumlah kecamatan di Sragen.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sragen, Arief Syaifullah mengatakan hal ini menjadi tantangan sendiri baginya yang menjadi Kepala BPN baru.

Hal ini dikatakannya akan lebih susah dibandingkan dengan satu desa yang belum sama sekali tersertifikat tanahnya. Karena harus mencari satu per satu tanah warga yang belum bersertifikat.

"PTSL sudah didata kemarin saya lihat, hanya 2% saja tanah yang belum terdaftar di Sragen. Artinya kalau 2% itu berarti tersebar dimana-mana sehingga untuk pelaksanaan desa lengkap ini akan menjadi tantangan tersendiri."

"Beda dengan tempat-tempat yang masih banyak belum terdaftar itu maka dalam satu desa itu dilengkapkan lebih gampang," terang Arief.

Arief melanjutkan, di Keresidenan Surakarta pada umumnya memang tersisa sedikit yang belum bersertifikat. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri menuju progam desa lengkap.

PTSL dan reformasi agraria dikatakan Arief merupakan progtam yang akan jelas arahnya. Selain itu, program yang akan mulai dikerjakan ialah menuntaskan aset Pemda Sragen yang belum bersertifikat.

"Pada prinsipnya semua sudah terprogram, ini sudah bulan Februari jadi kami akan meneruskan lah apa yang sudah dicanangkan oleh kepala kantor terdahulu."

"Seperti yang saya tahu baca sekilas itu misalnya aset dari Pemda itu ada sekitar 1.600 yang belum tuntas itu akan kami lanjutkan, kemudian juga ada jalan tol 1700-an bidang juga akan kami kejar," terangnya.

Tidak hanya menuju Kabupaten Sragen lengkap sertifikat elektronik yang saat ini sedang ramai diperbincangkan juga menjadi fokus pihaknya. (*)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved