Breaking News:

Berita Batang

Tingkatkan Pemberdayaan Gender  Perempuan, Pemkab Batang Gelar Lomba Inovasi Ekonomi Desa

Pemkab Batang akan gelar lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa atau kelurahan.

Tribun Jateng/Dina Indriani
Bapelitbang Batang melaksanakan rapat koordinasi persiapan lomba di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang, Kabupaten Batang, Selasa (16/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Batang akan menggelar lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa atau kelurahan berbasis pemberdayaan perempuan.

"Lomba ini diselenggarakan bertujuan untuk memberikan penghargaan dalam bentuk dana stimulan  kepada masyarakat desa khususnya kelompok perempuan yang berhasil melakukan inovasi yang nantinya dapat dikelola dengan baik,” tutur Sekretaris Bapelitbang Aenun Mardhiyah seusai rapat koordinasi persiapan lomba di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang, Kabupaten Batang, Selasa (16/2/2021).

Dia menjelaskan lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa atau kelurahan berbasis pemberdayaan perempuan dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah, daya saing daerah, peningkatan indeks pembangunan gender dan indeks pemberdayaan gender.

Dalam hal ini ada kesetaraan laki-laki dan perempuan pada saat pelaksanaan pembangunan daerah yang berkesinambungan.

"Juga sebagai upaya yang komprehensif  dan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sesuai kebijakan pembangunan daerah tahun 2021 yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat dengan memperkuat sumber daya manusia," jelasnya.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelitbang Satriyo Rah Wicaksono menambahkan bahwa inovasi yang dilakukan oleh kelompok masyarakat perempuan berbasis ekonomi desa atau keseluruhan harus fokus dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi.

"Yang di maksud diantaranya pariwisata, ekonomi kreatif, kelautan dan perikanan, terakhir agrobisnis," ujarnya.

Dijelaskannya, kriteria yang dapat mendaftar diutamakan minimal beranggotakan 10 orang perempuan setelah itu ada laki-lakinya tidak apa-apa. Tetapi jika perempuan menyeluruh dapat meningkatkan penilaian tersendiri, membuat proposal inovasi rencananya.

Untuk pengajuan proposal lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa berbasis pemberdayaan perempuan melalui kecamatan masing-masing paling lambat bulan Maret 2021.

"Nantinya proposal akan diverifikasi tim kecamatan jika yang mendaftar banyak akan diseleksi menjadi 6 saja jika cuma ada 3 atau 4 yang mendaftar akan ditentukan dengan nilai standar yang harus dicapai baru lolos verifikasi kecamatan baru nantinya verifikasi kabupaten,” pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved