Breaking News:

Berita Pendidikan

UIN Walisongo Semarang Wisuda 1.157 Mahasiswa Periode Februari 2021

Sebanyak 1.157 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengikuti wisuda periode Februari 2021, Rabu (17/2/2021)

Istimewa
Rektor UIN Walisongo Semarang mewisuda mahasiswa dalam sidang senat terbuka di Auditorium 2 Kampus 3, Rabu (17/2/2021). (*ist 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 1.157 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang mengikuti wisuda periode Februari 2021, Rabu (17/2/2021).

Proses wisuda dilakukan dalam sidang senat terbuka secara offline dan online dengan protokol kesehatan yang ketat di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang, Rabu (17/2/2021).

Sejak kampus berdiri pada 1970, UIN Walisongo telah meluluskan 42.072 orang, baik itu doktor (S3), magister (S2), sarjana (S1), ahli madya dan ahli muda.

"Pada periode wisuda Februari 2021 ini, yang diwisuda sebanyak 1.157 orang. Rinciannya, 25 orang doktor, 65 magister, 1.063 sarjana dan 4 ahli madia," kata Wakil Rektor I UIN Walisongo, Mukhsin Jamil, dalam laporannya.

Jumlah tersebut merupakan gabungan dari 8 fakultas dan 1 pascasarjana. Lulusan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) sebanyak 153 sarjana, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) sebanyak 16 magister dan 91 sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) sebanyak 19 magister dan 294  sarjana, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) sebanyak  8 magister dan 149 sarjana.

Selanjutnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 7 magister, 153 sarjana dan 4 ahli madia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) sebanyak 44 sarjana, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) sebanyak 22 sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 157 sarjana, dan Pascasarjana sebanyak 25 doktor dan 15 magister.

"Rata-rata lulusan pencapaian prestasi akademik sangat memuaskan. IP rata-rata 3,6 atau dengan predikat sangat memuaskan," ujarnya.

Rektor UIN Walisongo, Imam Taufiq mengatakan, pelaksanaan wisuda secara offline dan online adalah skema terbaik di tengah kondisi pandemi. Mereka yang hadir secara offline adalah lulusan terbaik di tingkat fakultas dan tingkat program studi. Sementara wisudawan lainnya mengikuti pelaksanaan wisuda secara online.

Kepada para wisudawan, Rektor menyampaikan ucapan selamat atas kegigihan dan kerja kerasnya mengikuti proses hingga tuntas. Ia mengingatkan bahwa keberhasilan menyelesaikan studi juga berkat doa dari orang tua.

"Selamat atas prestasi dan karir akademik yang berhasil diselesaikan. Ini tentu tidak lepas dari doa orang tua," katanya.

Kepada para wisudawan, rektor juga meminta agar mereka dapat berkontribusi secara maksimal untuk bangsa dan negara, dengan mengedepankan kasih sayang dan Islam yang rahmah.

"Semangat ini tidak boleh luntur hanya karena pandemi. Tetap semangat, tetap jaga kesehatan dan berikan terbaik untuk bangsa ini," tambah guru besar ilmu tafsir ini.

Pelaksanaan wisuda secara offline dan online dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Rabu (17/2/2021) hingga 2 Maret 2021. Pelaksanaan wisuda dilaksanakan oleh masing-masing fakultas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan jaga jarak.

Selain itu, ruangan acara akan dibersihkan dengan disinfektan begitu acara selesai digelar pada sesi pagi atau sesi sore hari. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved