Breaking News:

Berita Semarang

Belanja Online Naik 78 Persen di 2020, Juan Rama Dorong IKM Kuasai Digital Marketing

Juan menyebutkan, data Kemenkominfo menunjukkan pertumbuhan e-commerce dan belanja online pada 2020 meningkat hingg 78 persen

Istimewa
Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Juan Rama, menjadi narasumber dalam pelatihan olahan minuman di Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Senin (15/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Anggota Komisi B DPRD Kota Semarang, Juan Rama, mendorong pelaku industri kecil menengah (IKM) menguasai pemasaran produk melalui jaringan internet atau yang biasa disebut digital marketing.

Hal itu sesuai dengan identitas Semarang  sebagai kota perdagangan dan jasa yang berbudaya menuju masyarakat yang sejahtera.

Juan menyebutkan, data Kemenkominfo menunjukkan pertumbuhan e-commerce dan belanja online pada 2020 meningkat hingg 78 persen.

Hal ini karena peradaban digital sudah semakin nyata. Adanya kebiasaan baru akibat wabah Covid- 19 juga membuat orang tidak belanja secara bertemu langsung.

"IKM harus menguasai digital marketing. Peluang semakin terbuka. Tren belanja online semakin meningkat," tuturnya, Kamis (18/2/2021).

Dia menambahkan, setiap pelaku IKM harus terus meningkatkan kemampuan penguasaan internet. Karena itu, harus rajin mengikuti pelatihan bertema digital marketing.

"Nantinya perlu ditingkatkan pelatihan digital marketing karena banyak IKM mampu memproduksi tetapi kurang berhasil menjual," ujarnya.

Lebih lanjut, Juan meminta semua IKM segera mengurus perizinan agar produk semakin diterima masyarakat. Menurutnya, perizinan menjadi salah satu kunci sukses dalam berdagang.

Di sisi lain, dia meminta Dinas Perindustrian memperbanyak program pelatihan dan fasilitasi perijinan. Pemberian hadiah juga bisa menjadi stimulus pengembangan IKM agar semakin semangat mengembangkan diri dan produksinya.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved