Breaking News:

Berita Pendidikan

Rektor USM Lantik Pengurus Orma Tingkat Universitas dan Fakultas

Rektor Universitas Semarang (USM), Andy Kridasusila, melantik puluhan mahasiswa perwakilan pengurus organisasi kemahasiswaan (Orma)

Istimewa
Rektor USM, Andy Kridasusila, melantik pengurus Organisasi Kemahasiswaan di Auditorium Ir. Widjatmoko Kampus USM, Kamis (17/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rektor Universitas Semarang (USM), Andy Kridasusila, melantik puluhan mahasiswa perwakilan pengurus organisasi kemahasiswaan (Orma) periode 2020-2021 di Auditorium Ir. Widjatmoko, Kamis (17/1/2021).

Pelantikan dilakukan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan serta diikuti tamu undangan dan peserta lain menggunakan aplikasi zoom.

Pengurus Orma USM yang dilantik terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) baik tingkat universitas maupun fakultas, Dewan Mahasiswa (Dema) baik tingkat universitas maupun fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Dalam sambutannya, Andy mengatakan, dengan pelantikan ini diharapkan para mahasiswa agar tetap aktif di ekstrakurikuler Organisasi Kemahasiswaan USM. Di masa pandemi ini, ia mengingatkan untuk tetap melakukan kegiatan sesuai protokol kesehatan dengan melakukan 5M.

"Harapan kami lulusan dari USM menjadi lulusan yang profesional terkait dengan keilmuan, kompetensi, dan berkeindonesiaan. Karena dengan berkeindonesiaan, berarti kita harus mengamalkan, mengamankan pancasila dan UUD NRI 1945," katanya.

Ia menuturkan, pengelola dan civitas akademika USM tidak bisa berjalan sendiri dalam mengembangkan keilmuan di kampus. Menurutnya, sebuah perguruan tinggi bisa berjalan jika komponen saling terkait yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni.

"Dalam hal ini kita harus bersinergi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan visi USM yaitu profesional, beradab dan berkeindonesiaan," ujarnya.

Selanjutnya, katanya, mahasiswa dan lulusan USM harus mempunyai wawasan mengenai teknologi informasi karena sekarang semua ilmu harus mempunyai teknologi informasi sebagai alat untuk mempermudah keilmuan tersebut.

"Kami berharap para pengurus Orma dapat mengaplikasikannya," imbuh Andy.

Senada, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Abdullah Kelib, juga setuju bahwa tugas ini bukan tugas yang mudah sehingga harus ada sinergi semua pihak.

"Kami berharap para pengurus Orma USM dapat mengembangkan wawasan, meningkatkan kecendikiawanan serta integritas pribadi dalam pendidikan tinggi, Organisasi kemahasiswaan ini juga menjadi pelengkap kurikuler dalam sistem pendidikan tinggi," tambahnya.

Kelib mengatakan, pengurus Orma yang dilantik adalah mahasiswa terpilih. Karena itu, ia berpesan, harus melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, meskipun periode menjabat hanya satu tahun.

"Segala tugas harus dijalankan dengan sepenuh hati dan amanah," pesannya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved