Breaking News:

Penanganan Corona

Santunan Korban Meninggal Covid-19 di Jateng: Hanya Cair 7 Orang dari Ribuan Usulan

Keluarga atau ahli waris dari pasien Covid-19 meninggal dunia berhak atas uang santunan sebesar Rp 15 juta.

TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Kepala Dinas Sosial Provinsi Jateng, Harso Susilo. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Keluarga atau ahli waris dari pasien Covid-19 meninggal dunia berhak atas uang santunan sebesar Rp 15 juta.

Santunan dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk ahli waris ini penyalurannya masih minim.

Sejak awal digulirkan pada Agustus 2020, dari ribuan usulan data warga yang meninggal karena covid di Jateng, hanya tujuh orang yang mendapatkan santunan yang diterima ahli waris.

"Ada sekitar seribuan lebih usulan atau peemohonan. Tapi yang cair atau mendapatkan santunan hanya 7 orang. Ini memang jauh sekali," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Jateng, Harso Susilo, Kamis (18/2/2021).

Pihaknya telah mengkonfirmaai terkait santunan tersebut ke Kemensos. Ia mendapatkan jawaban yang intinya masih berproses.

Di sisi lain, pihaknya tetap diminta mendata warga yang meninggal karena covid.

Seperti diketahui, santunan untuk ahli waris orang yang meninggal akibat Covid-19 sudah diumumkan ke publik sejak awal pandemi.

Namun dasar hukumnya baru diterbitkan Kemensos pada Juni 2020.

Dalam surat edaran itu disebut bahwa santunan sebesar Rp15 juta akan diberikan kepada setiap ahli waris yang memenuhi persyaratan.

Terdapat tujuh syarat yang harus dipenuhi ahli waris untuk mendapatkan santunan, satu di antaranya adalah surat keterangan meninggal dari rumah sakit atau puskesmas atau kutipan akte kematian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Ahli waris harus mengajukan permohonan santunan melalui Dinas Sosial di daerah di mana korban meninggal. Dinas Sosial ditugaskan untuk memverifikasi syarat dan mengirimkan yang lolos seleksi ke Kemensos.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved