Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Olah Kopi Sebagai Lip Scrub Atasi Bibir Kering

Lip Scrub merupakan produk kecantikan yang di formulasikan untuk membuat kulit bibir menjadi lebih lembab dan halus.

IST
Mahasiswa KKN Undip damping warga bikin Lip Scrub di Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang 

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, merupakan desa yang terletak di Kaki Gunung Slamet, suhu rata-rata per hari adalah 18-20°C.

Suhu yang dingin akan menyerap kelembapan dari sel-sel kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering, kasar, hingga retak dan bersisik.

Komoditas dari Desa Pulosari sendiri adalah kopi dan nanas.

Banyak dari masyarakat Pulosari sendiri yang menanam kopi, namun olahan kopi masih sangat sedikit di desa Pulosari sendiri.

Lip scrub merupakan produk kecantikan yang diformulasikan untuk membuat kulit bibir menjadi lebih lembab dan halus.

Lip scrub yang dibuat kali ini menggunakan bahan-bahan alami dan mudah ditemukan di lingkungan Desa Pulosari yaitu berupa madu, gula pasir, minyak zaitun dan bubuk Kopi itu sendiri.

Kopi sendiri memiliki efek mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan

Senin (7/2), mahasiswa KKN Undip, Melani Maulidia yang berasal dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, mencoba membuat produk olahan kopi tersebut.

Kegiatan pembuatan lip scrub kopi dilakukan di rumah salah satu warga di Desa Pulosari yaitu rumah Sri, kemudian disosialisasikan ke ibu-ibu PKK dan perangkat Desa Pulosari di Balai Desa Pulosari.

Produk  ini disambut dengan hangat dan antusias oleh ibu-ibu PKK Desa Pulosari karena dapat menambah wawasan tentang solusi dari bibir kering dan tentang pemanfaatan tanaman yang ada di sekitar.

Dalam proses pembuatannya, tergolong mudah untuk dipraktikan oleh ibu-ibu PKK di rumah masing-masing.

Dengan adanya sosialisasi produk ini, diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan warga dengan hanya memanfaatkan bahan yang ada di sekitar. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved