Breaking News:

KKN Undip

Pestisida Alami Pembasmi Hama dari Bawang Putih dan Cabai Kreasi Mahasiswa KKN Undip

Datangnya musim hujan membuat tanaman kentang mudah terkena penyakit busuk daun. Akibatnya petani merugi karena produksi kentang mereka menurun.

IST
Tim yang terdiri dari Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Fahmi Arifan S.T,M Eng dan Ir. RTD Wisnu Broto MT beserta TIM KKN Tematik 1 (Ria Tasmalia, Alihsan Rahmawati, Asmaa Mufiida R, Bagus Adhi N, Cindyana Putry, Muhammad Yusuf, Mutiara Kurnia, Oktavia D, Winda Agustin dan Yesi Kurniawati) di Dusun Ngandam Desa Sikunang Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Dusun Ngandam Desa Sikunang yang terletak di Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu desa dengan komoditi utama nya berupa kentang.

Datangnya musim hujan membuat tanaman kentang mudah terkena penyakit busuk daun.

Akibatnya petani merugi karena produksi kentang mereka menurun.

Solusi yang dapat diterapkan guna mengembangkan pertanian berwawasan ramah lingkungan dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman serta membantu mengatasi permasalahan akibat musim hujan adalah dengan penggunaan pestisida nabati atau pestisida alami.

“Bawang putih merupakan salah satu pestisida alami yang praktis dan memiliki sifat fungisida alami yang bekerja secara efektif untuk mengendalikan hama. Begitu pula dengan cabai, aroma cabai yang pedas dan menyengat terbukti ampuh untuk mengusir berbagai hama yang mengganggu tanaman,” kata Ria Tasmalia salah seorang mahasiswa KKN Undip di Dusun Ngandam Desa Sikunang Wonosobo.

“Melihat kondisi tanah di lahan Dusun Ngandam yang semakin rusak akibat terlalu banyak terpapar bahan kimia harapanya dengan adanya inovasi pestisida ini dapat menjadi solusi jangka panjang untuk kesehatan tanah di Dusun Ngandam,” imbuhnya.

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan pestisida alami di antaranya bawang putih, cabai, air dan sabun.

Ria menjelaskan tahapan pertama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, kupas 5 siung bawang putih dan haluskan bersama 6 buah cabai merah.

Tahapan kedua rebus bawang putih dan cabai dalam 1 liter dan tambahkan 1/4 balok sabun.

Tahapan ketiga masukkan air rebusan ke dalam botol dan fermentasi selama 1 hari.

Tahapan terakhir yaitu penyaringan dengan cara pindahkan pestisida ke dalam botol semprot ukuran kecil.

Untuk teknik pengaplikasiannya dapat disemprotkan secara langsung pada daun tanaman yang terserang hama atau penyakit. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved