Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Buat Desain Penampung Air Hujan Atasi Kekeringan

Musim kemarau menjadi sebuah momok bagi masyarakat Kabupaten Blora khususnya masyarakat Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong.

Mahasiswa KKN Undip Buat Desain Penampung Air Hujan Atasi Kekeringan
IST
Ahmad Afifuddin, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2021 menyerahkan Desain Penampung Air Hujan sebagai upaya mitigasi bencana kekeringan pada perangkat desa setempat.

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Musim kemarau menjadi sebuah momok bagi masyarakat Kabupaten Blora khususnya masyarakat Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong.

Hal ini dikarenakan ketika musim kemarau, di Desa Sambongrejo terjadi kekurangan pasokan air bersih.

Hal itulah yang mendorong Ahmad Afifuddin, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 1 Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2021 membuat inovasi Desain Penampung Air Hujan sebagai upaya mitigasi bencana kekeringan yang berada di desa tersebut.

“Penampung Air Hujan (PAH) berupa kolam tertutup yang berfungsi sebagai penampung air hujan yang ditangkap dan dialirkan dari atap rumah,” kata Afifudin.

Desain Penampung Air Hujan tersebut juga disertai bak filter agar kotoran yang ikut terbawa dari atap tersaring dan tidak masuk ke kolam penampungan.

Dengan menangkap air hujan, maka air tersebut dapat digunakan sebagai pasokan air ketika musim kemarau.

Proses desain direncanakan sesuai modul yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Balitbang Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2014 dan menggunakan data curah hujan Kecamatan Sambong Kabupaten Blora yang dapat diakses melalui situs web resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora.

“Desain PAH yang telah selesai direncanakan kemudian langsung diberikan kepada perangkat desa setempat yang selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan dalam merencanakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Sambongrejo,” ungkapnya.

Kepala Desa Sambongrejo, Wahono Heru Prayitno mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN Tim 1 Undip tahun 2021 atas desain yang telah diberikan.

“Kami dari masyarakat Desa Sambongrejo mengucapkan terimakasih banyak perannya dari Mas Ahmad yang sudah membantu ataupun memberi ide teknologi baru desain Penampung Air Hujan ini. Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat kami Desa Sambongrejo,”ungkapnya.

Diharapkan, desain PAH tersebut dapat menjadi solusi dari kekeringan yang selalu melanda Desa Sambongrejo di musim kemarau. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved