Breaking News:

Berita Semarang

Menag Berharap HIPSI Jateng Berkolaborasi dengan Pesantren Kembangkan Ekonomi Keumatan

Pemberdayaan pesantren memiliki dampak ekonomi luas. Mulai dari internal pesantren hingga lingkungan sekitarnya secara luas.

Istimewa
Pelantikan perwakilan pengurus DPW HIPSI Jawa Tengah di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (20/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Menteri Agama (Menag) H Yaqut Cholil Qoumas berharap Himma  Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Jawa Tengah berkolaborasi dengan pesantren untuk mengembangkan perekonomian santri dan lingkungannya.

Hal itu diungkapkan Staf Khusus Menteri Agama RI Wibowo Prasetyo yang hadir mewakili Menag RI saat memberikan arahan dalam acara Pelantikan dan Soft Launching Program, DPW HIPSI Jawa Tengah di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (20/2/2021).

“Saya berharap HIPSI dapat berkolaborasi dan mengembangkan ekonomi pesantren,” katanya.

Ia menjelaskan, pemberdayaan pesantren memiliki dampak ekonomi luas. Mulai dari internal pesantren hingga lingkungan sekitarnya secara luas.

Staf Khusus Menteri Agama RI Wibowo Prasetyo yang hadir mewakili Menag RI saat memberikan arahan dalam acara Pelantikan dan Soft Launching Program, DPW HIPSI Jawa Tengah di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (20/2/2021).
Staf Khusus Menteri Agama RI Wibowo Prasetyo yang hadir mewakili Menag RI saat memberikan arahan dalam acara Pelantikan dan Soft Launching Program, DPW HIPSI Jawa Tengah di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (20/2/2021). (Istimewa)

Di antaranya enterpreunership santri terkait dampak ekonomi (income) dan pembelajaran, pondok pesantren berkontribusi terhadap pembiayaan operasional pesantren, berdampak pada pengembangkan ekonomi untuk masyarakat sekitar, serta turut mendorong daya saing bangsa.

Ia juga berharap HIPSI terus berperan aktif dalam meningkatkan daya saing bangsa dalam mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, yang hadir dalam acara tersebut juga berharap HIPSI kedepan bisa bekerjasama dengan pemerintah mengembangkan ekonomi dari sektor pesantren.

“Sebagai bagian dari pengusaha Indonesia maka harapannya HIPSI juga mampu mengembangkan usaha yang tak lepas dari upaya amar ma’ruf nahi munkar,” ujarnya.

Ketua DPW HIPSI Jawa Tengah M Fatah Rosihan mengungkapkan, pihaknya memiliki sejumlah program yang mewadahi seluruh pengurus dan anggota.

Beberapa program inti di antaranya Himma Residence atau rumah bersubsidi di lima karesidanan perkabupaten satu titik, Himma Café, Himmaqua, Himmart, Himma Husada, Himma Farm, Himma Mekanik, Himma Florist, Himma Craft.

“Semua itu akan dirangkum dalam wadah koperasi,” katanya.

Fatah berharap, seluruh program yang telah disusun dapat berkontribusi pada ummat.(*)

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved