Breaking News:

Smart Women

Di Balik Cerita Keseharian Rahel, Berbagi Inspirasi Lewat Media Sosial

Bangga jadi ibu rumah tangga, Rahel Yosi aktif sebagai content creator dan penulis di media sosial.

TRIBUN JATENG
Rahel Yosi Ritonga 

Penulis: Akhtur Gumilang

RAHEL Yosi Ritonga sibuk menyiapkan berbagai hal di pagi hari. Seperti ibu rumah tangga pada umumnya, Ia pergi belanja ke warung, mencuci piring, memasak, menyapu, mengepel rumah, menyikat kamar mandi, memasukan pakaian kotor ke mesin cuci, dan lain sebagainnya. Perempuan yang akrab disapa Rahel ini memang super sibuk di pagi harinya.

Hal itulah yang membuat Rahel baru bisa mengurusi segala hal di luar rumah seperti bertemu klien, endorsment, dan sejenisnya pada siang hari. Satu di antaranya adalah saat bertemu dengan Tribun Jateng. Rahel bilang jika waktunya memang sepenuhnya untuk keluarga dan anak-anak.

"Aku ya kayak realita emak-emak pada umumnya. Ngurus anak, rumah, dan suami. Makanya, saya milih siang buat ketemu Tribun. Ini juga habis ngurusin barang endorsment. Lalu pergi ke Resto Marabunta Semarang buat ketemu jenengan-jenengan," ucap Rahel mengawali percakapan saat ditemui Tribun Jateng belum lama ini.

Di awal percakapan, ia dengan bangga memperkenalkan profesi utamanya sebagai ibu rumah tangga. Di luar itu, Rahel kebetulan aktif sebagai content creator dan penulis di media sosial (medsos). Di Facebook, akunnya yang bernama Rahel Yosi Ritonga kini memiliki pengikut sebanyak 193 ribu lebih. Sedangkan di Instagramnya yang bernama @therahelyosi memiliki 67 ribu pengikut.

Warganet di jagad media sosial biasa memanggilnya dengan sapaan akrab: Mak Rahel. Meski demikian, perempuan yang baru genap berusia 40 tahun itu menolak jika diberi label sebagai selebgram. Sebab, apa yang ia unggah di media sosial tidak seperti para selebgram kebanyakan. Yang Rahel bagikan hanya tulisan, video konyol, dan foto-foto kehidupan ibu rumah tangga dengan daster khas ala emak-emak yang melekat.

Rahel Yosi Ritonga di Marabunta Resto Kota Lama Semarang
Rahel Yosi Ritonga di Marabunta Resto Kota Lama Semarang (TRIBUN JATENG)

"Selebgram itu cetar-cetar. Lah saya? Seringnya foto pakai daster sambil nyapu atau megang sikat kamar mandi. Fotonya pun kebanyakan belum dandan pula. Ga cocok kalau saya disebut selebgram. Kalau dibilang content creator atau penulis boleh lah. Karena awalnya juga dari sering berbagi tulisan di media sosial. Lalu merambah iseng-iseng buat video juga," tutur ibu dua anak ini.

Baca juga: Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Sejumlah Siswa di Kudus Ikuti Pelatihan Pengolahan Sampah 

Baca juga: Video Afra Mahasiswi Cantik Gresik Gemetaran Dibuntuti Pria Bawa Paving, Ini Kata Iptu Bima Sakti

Baca juga: Video Klarifikasi Ayus Seusai Isu Selingkuh dengan Nissa Sabyan: Doakan Saya Lebih Baik ke Depan

Rahel setiap hari selalu menyempatkan diri untuk berbagi cerita di media sosial. Ya, hal itu ia lakukan terus-menerus selama kurang lebih delapan tahun, sejak 2012. Ia mengawali tulisan-tulisannya dari Facebook. Kemudian tiga tahun terakhir ini Rahel mulai giat juga membagikan tulisan dan videonya di Instagram.

Hal-hal yang Rahel bagikan lewat kontennya sangat sederhana, yakni realita keseharian kehidupan ibu-ibu rumah tangga. Selain itu, ia sering menulis topik seputar belajar mencintai diri sendiri, pemberdayaan perempuan, parenting, kesehatan mental, dan banyak lainnya. Tak jarang Rahel juga kerap mengangkat isu-isu sosial yang menjadi pro kontra di tengah masyarakat.

Sempat Viral
Contohnya isu seperti ibu bekerja atau ibu rumah tangga, ibu lahir normal atau ibu lahir sesar, budaya arisan ibu-ibu, perkumpulan sosialita, standar kecantikan, dan lain sebagainya. Beragam topik itulah yang sempat membuat Rahel beberapa kali viral di lini masa media sosial. Tepatnya ia ramai diperbincangkan pada tahun 2018 dan 2019 lalu.

Halaman
123
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: moh anhar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved