Breaking News:

Pendidikan

Dukungan Orangtua Sangat Berperan Wujudkan Positive Parenting

Pandemi Covid-19 memberikan dampak dalam beberapa bidang kehidupan. Salah satunya dalam bidang pendidikan.

Istimewa
Webinar positive parenting yang digelar Fakultas Psikologi USM dan Fuhum UIN Walisongo Semarang, kemarin. 

Penulis: M Zaenal Arifin

SEMARANG, TRIBUN - Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum) UIN Walisongo Semarang menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara online.

Pengabdian masyarakat bertema "Positive Parenting di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pademi Covid-19" itu dimoderatori oleh dosen Fakultas Psikologi USM, Retno Ristiasih Utami, dengan narasumber juga dosen Fakultas Psikologi USM, Feti Pratiwi.

Dalam pemaparan materinya, Feti Pratiwi menjelaskan bahwa Pandemi Covid-19 memberikan dampak dalam beberapa bidang kehidupan. Salah satunya dalam bidang pendidikan di mana seluruh sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring.

"Sistem pembelajaran jarak jauh dengan daring ini memang akan lebih melindungi anak-anak dari terpaparnya Covid-19. Hanya saja di sisi lain berdampak pada aktivitas keseharian anak dan orang tua," ungkap Feti, dalam keterangannya, Minggu (21/02/2021).

Ia menuturkan, dampak yang ditimbulkan pada orang tua dan anak ada dampak positif dan negatif. Dilihat dari sisi positif, interaksi orang tua dan anak meningkat, attachment atau kelekatan menguat, orang tua tahu dan paham kondisi anak saat belajar.

"Dalam sisi negatifnya hubungan orang tua dan anak memang jadi kurang harmonis," tambahnya.

Ditambahkannya, dalam kondisi tersebut terjadi kekerasan dalam pengasuhan, orang tua merasa stress, anak merasa lelah dan bosan selama masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19 karena anak lebih banyak beraktivitas di rumah.

"Jelas bahwa peran orang tua sangatlah besar dalam pengasuhan dan pendidikan anak," jelasnya.

Menurutnya, orang tua perlu menjaga agar kondisi fisik dan psikologis agar tetap sehat. Secara fisik, orang tua diharapkan memberikan asupan makanan yang cukup dan bergizi agar anak tetap sehat dan juga menyediakan media belajar yang menunjang kegiatan pembelajaran.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved