Breaking News:

Berita Kudus

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Sejumlah Siswa di Kudus Ikuti Pelatihan Pengolahan Sampah 

Sejumlah siswa di Kudus mengikuti pelatihan pengolahan sampah organik dan anorganik.

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Sejumlah Siswa di Kudus Ikuti Pelatihan Pengolahan Sampah 
TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Sejumlah siswa di Kudus mengikuti pelatihan pengolahan sampah organik dan an organik dalam rangkan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di SMAN 1 Mejobo, Kudus, Minggu, (21/2/2021).

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sejumlah siswa di Kudus mengikuti pelatihan pengolahan sampah organik dan anorganik dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di SMAN 1 Mejobo, Kudus, Minggu, (21/2/2021).

Kepala Sekolah SMAN 1 Mejobo Ajib Setyo mengatakan, sampah menjadi permasalahan yang tak kunjung habis. Sampah juga menjadi penyebab beberapa daerah di Kabupaten Kudus menjadi penyebab terjadinya banjir. Saluran-saluran air dan sungai  sunga penuh dengan sampah. Sampah justru dianggap barang yang habis pakai. 

"Padahal sampah bisa diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Perlu solusi bersama untuk menyelesaikan permasalahan sampah," katanya kepada Tribun Jateng.

Untuk itu pihaknya bersama Komunitas Bank Sampah Muria dan beberapa sekolah yang tergabung di Komunitas Sekolah Adiwyata menhadakan pelatihan pengolahan sampah, baik organik maupun anorganik.

Swtyo mengatakan Hari Peduli Sampah Nasional menjadi kegiatan yang dirancang SMAN 1 Mejobo Setiap tahun. Melalui HPSN, kata dia, sekolah ingin mengajak warga sekolah seperti siswa, guru, dan staf tata usaha agar memperhatikan sampah yang ada di rumah.

Dia menuturkan, dalam pelatihan ini peserta diberikan praktik langsung bagaimana mengolah sampah organik setelah melalui proses difermentasi bisa diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sampah anorganik tersebut bisa diolah menjadi disinfektan, penghilang bau, bahan pembersih lantai serta pengurai bakteri.

"Sebelum praktik juga diberikan pengertian sampah dan serta jenis- jenis sampah. Mana sampah organik dan mana sampah anorganik. Sampah organik adalah jenis sampah yang bisa diurai dan sampah anorganik adalah jenis sampah yang tidak mudah diurai."

"Sampah anorganik juga bisa diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti kerajinan tangan serta hiasan rumah," imbuhnya.

Salah seorang peserta Ayub Firmansyah mengatakan pelatihan ini menyadarkan dirinya ternhyata sampah bisa dimanfaatkan.

"Setelah mengikuti kegiatan ini saya akan mencoba memanfaatkan sampah di rumah," Kader Adiwyata SMAN 1 Mejobo Kudus itu. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved