Breaking News:

KKN Undip

UMKM Kelurahan Tembalang Semarang Sudah Punya Website Buatan Mahasiswa KKN Undip

Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus dalam rangka melaksanakan KKN Tim I tahun 2021, mahasiswa Universitas Diponegoro

IST
Mahasiswa Undip sedang melaksanakan presentasi penggunaan website SIGULANG 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, sekaligus dalam rangka melaksanakan KKN Tim I tahun 2021, mahasiswa Universitas Diponegoro mengadakan sebuah program berupa pembuatan Website GKS UMKM Kelurahan Tembalang sebagai Sarana Informasi dan Promosi Usaha berbasis Digital.

Program KKN ini dilakukan oleh Jordy Kristianata, seorang mahasiswa Departemen Informatika tahun 2017.

Program ini didasari dan diselaraskan dengan tema KKN Tim I, yaitu Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID 19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Di Kota Semarang, khususnya di Kecamatan Tembalang, Kelurahan Tembalang, terdapat forum khusus yang mengelola UMKM secara sinergis.

Forum tersebut seringkali dikenal dengan nama GKS UMKM (Gerai Kopimi Semarang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Kelurahan Tembalang.

Kasmiran, selaku Ketua GKS UMKM Kelurahan Tembalang mengungkapkan sudah sejak lama pengurus menginginkan adanya sebuah sistem informasi yang dapat dijadikan media promosi produk anggota UMKM Kelurahan Tembalang dan media publikasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus dan anggota GKS UMKM Kelurahan Tembalang.

Akhirnya, harapan tersebut tidak hanya akan menjadi bayang-bayang semata.

Saat ini GKS UMKM Kelurahan Tembalang sudah memiliki sebuah sistem informasi berbasis web dimana dapat mengunggah berbagai hal-hal penting terkait produk dan berita di pelaku bisnis UMKM yang ada di Kelurahan Tembalang.

SIGULANG adalah nama yang diberikan untuk sistem informasi karang taruna tersebut. SIGULANG merupakan akronim dari "Sistem Informasi Gks Umkm kelurahan tembaLANG".

Sistem ini akan dikelola oleh seorang admin yang berasal dari Pengurus GKS UMKM Tembalang.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved