Breaking News:

Berita Video

Video Saluran Irigasi Desa Kaligayam Tegal Dibikin Ternak Ikan Nila

Saluran irigasi di Desa Kaligayam Kabupaten Tegal dibikin jadi peternakan ikan nila.

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Berikut ini video saluran irigasi Desa Kaligayam Tegal dibikin ternak ikan nila.

Saluran irigasi sekunder yang ada di Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal atau lebih dikenal dengan nama aliran sungai Perpil digunakan sebagai lokasi untuk Budidaya ikan air tawar jenis nila.

Tahap awal, luas yang dimanfaatkan sekitar 100 meter.

Ide untuk membersihkan aliran sungai Perpil yang kemudian dimanfaatkan untuk lokasi budidaya ikan air tawar, diinisiasi oleh Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dewi Aryani,  bersama anggota karang taruna Kabupaten Tegal.

Penyebaran bibit ikan nila sekaligus giat bersih-bersih sungai dilaksanakan hari Minggu (21/2/2021), bersama kader partai, tokoh masyarakat, dan warga sekitar.

DeAr sapaan akrabnya, menyebut bahwa giat bersih-bersih sungai dan dimanfaatkan untuk budidaya ikan di Kaligayam adalah yang pertama.

Nantinya akan berlanjut di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal.

"Aliran sungai yang sudah dibersihkan ini nantinya dibangun pembatas yang dipergunakan sebagai tempat untuk budidaya ikan nila. Luas kurang lebih sekitar 100 meter dan hari ini simbolis kami sebar bibitnya. Kalau semua sudah siap sebanyak 15-20 ribu bibit ikan nila akan disebar," jelas DeAr, pada Tribunjateng.com. 

Melalui giat ini, DeAr ingin mengedukasi anggota Karang Taruna Kabupaten Tegal untuk tidak hanya fokus pada kegiatan olahraga dan kesenian saja.

Tapi juga harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dan memanfaatkannya dengan baik.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved