Breaking News:

Berita Temanggung

Muh Sodiq Berharap Bantuan Bus Sekolah Mempermudah Pendidikan di Ponpes

DPR RI kembali menyalurkan bantuan minibus kepada pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Temanggung.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Penyerahan simbolis kunci minibus oleh Anggota DPR RI Komisi I, Abdul Kadir Karding kepada Pengasuh Ponpes Darussalam Ngadirejo Temanggung, Muh Sodiq, Senin (22/2/2021 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) kembali menyalurkan bantuan minibus kepada pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Temanggung. Kali ini, armada penunjang pendidikan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu diberikan kepada Pondok Pesantren Darussalam Dusun Rejosari, Desa Ngadirejo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

Pengecekan minibus bantuan Kementerian Perhubungan sebagai armada para santri Ppnpes Darussalam Ngadirejo Temanggung, Senin (22/2/2021).
Pengecekan minibus bantuan Kementerian Perhubungan sebagai armada para santri Ppnpes Darussalam Ngadirejo Temanggung, Senin (22/2/2021). (Tribun Jateng/Saiful Ma'sum)

Anggota DPR RI Komisi I, Abdul Kadir Karding mengatakan, di awal 2021 ini, pihaknya sudah mengawal dua armada minibus yang diberikan ke pondok pesantren di Magelang dan Temanggung

Ia berharap, armada itu dirawat dan dimaksimalkan oleh pengurus pondok pesantren untuk membantu proses pendidikan para santri dan operasional pondok. Seperti contoh antar jemput santri saat mengikuti pendidikan formal dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

"Bantuan dari Kementerian Perhubungan ini memang untuk Ponpes dan madrasah. Kita harapkan ke depan semua pondok dan madrasah bisa mendapatkan. Supaya digunakan untuk antar jemput dan operasional pondok," terangnya, Senin (22/2/2021).

Kata Karding, dengan diberikannya armada, otomatis menjadi hak dan tanggungjawab pengurus pondok pesantren untuk merawat, menjaga, dan memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin. Supaya bantuan tersebut benar-benar bermanfaat untuk lingkungan pondok pesantren.

"Semoga benar-benar bermanfaat untuk menunjang pendidikan para santri kelak," ujarnya.

Pengasuh Ponpes Darussalam, Muh Sodiq mengatakan, bantuan armada minibus ini nantinya bakal mempermudah proses pendidikan 300 santri asuhannya. 

Katanya, jangkauan sekolah santrinya tidak hanya mencakup antar desa saja. Beberapa santri yang menempuh pendidikan SMP dan SMA sederajat harus laju pulang pergi menggunakan angkutan umum. 

"Santri putra kurang lebih ada 150 orang, santri putri juga kurang lebih sama. Mayoritas SMP dan MTS, ada sebagian SD, MI dan MA. Sehingga bus ini bakal bermanfaat untuk operasional santri dan operasional pondok," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved