Breaking News:

Berita Karanganyar

15 Warga Desa Kaliwuluh Karanganyar Terpaksa Diungsikan Saat Aliran Sungai Deras, Rumah Tergerus

Warga yang menghuni tiga rumah di Dusun Teken Desa Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar terpaksa diungsikan

ISTIMEWA
Anggota BPBD Karanganyar saat mengecek lokasi rumah yang tergerus aliran sungai di Desa Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar.  

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Warga yang menghuni tiga rumah di Dusun Teken Desa Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar terpaksa diungsikan saat aliran sungai deras lantaran tanahnya telah tergerus aliran Sungai Grompol.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunjateng.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, anggota telah melakukan pengecekan ke lokasi tersebut.

Jarak dari bibir sungai dengan rumah penduduk hanya sekitar 3 meter.

Di sisi lain fondasi rumah sudah menggantung di bibir sungai. 

Kades Kaliwuluh, Suratmin menyampaikan, tiga rumah itu berada di Dusun Teken RW 3 dan RW 5. Pihak desa sudah berkirim surat ke BBWSBS dan DPUPR Karanganyar dengan harapan segera ada tindak lanjut terhadap kondisi tersebut. 

"Sudah kirim surat awal Februari 2021.

Tahun ini rencananya mau direalisasi. Tiga warga itu menempati tanah sendiri," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (23/2/2021). 

Dia menceritakan, karena wilayah tersebut menjadi langganan banjir, akhirnya dilakukan normalisasi sungai sekitar 2006 lalu.

Namun karena tidak ditindaklanjuti dengan pengamanan dinding sungai yang berdekatan dengan rumah warga akhirnya lama kelamaan tanah di bibir sungai tergerus air. 

"Kondisi (tergerus aliran sungai) itu sudah terjadi sejak lima tahun terakhir.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved