Breaking News:

Berita Blora

2.236 Rumah Tangga di Blora Belum Mampu Pasang Listrik

2.236 rumah tangga di Kabupaten Blora belum terpasang listrik,sementara menyalur listrik tetangga.

Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Kepala Bidang Kelistrikan dan Pertamanan pada Dinas Perumahan, Permukiman, dan Perhubungan Kabupaten Blora, Mulyadi. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Sebanyak 2.236 rumah tangga di Kabupaten Blora belum terpasang listrik. Namun selama ini rumah tangga tersebut sementara menyalur listrik dari tetangga terdekat.

“Cuma rumah tangga (yang belum terpasang listrik) itu nyalur (tetangga),” ujar Kepala Bidang Kelistrikan dan Pertamanan pada Dinas Perumahan, Permukiman, dan Perhubungan Kabupaten Blora, Mulyadi, kepada Tribunjateng.com, Selasa (23/2/2021).

Data jumlah rumah tangga yang belum memasang listrik itu, kata Mulyadi, didapat dari masing-masing kecamatan. Setelah data itu terhimpun, pihaknya menyampaikan ke PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

“Dari PLN itu setiap tahun mengalokasikan, istilahnya memasangkan rumah tangga yang belum berlistrik. Dari satu rumah itu dapat satu paket 450 VA baru sama beberapa lampu secara cuma-Cuma,” kata Mulyadi.

Pendataan itu sedianya dilakukan setiap tahun. Pada tahun 2020 kebetulan yang bertanggung jawab atas pendataan rumah tangga di Kabupaten Blora adalah pihaknya. Sebelumnya, katanya, pendataan dilakukan oleh Dinas ESDM.

Menurut Mulyadi, pada 2020 alokasi pemasangan listrik secara cuma-cuma dari PLN dengan daya 450 VA menyasar sebanyak 700 rumah tangga. Namun yang terealisasi yakni sebanyak 691 rumah tangga. Sebab, 8 rumah tangga sudah terlanjur memasang sendiri, sedangkan sisanya satu rumah tangga belum terpasang karena jarak antara rumah dengan sambungan kabel listrik lebih dari 100 meter.

“Bisa dikategorikan miskin karena belum memasang listrik sendiri, karena setiap memasang kan ada biayanya,” tandas dia.

Meski sudah terdapat data rumah tangga yang belum terpasang listrik, kata Mulyadi, dirinya tidak memungkiri jika saat ini masih ada rumah tangga yang belum bisa menikmati listrik. Selain karena tidak terpasang, rumah tangga tersebut juga tidak menyalur dari tetangga. Hanya saja untuk jumlahnya dia tidak mengetahuinya. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved