Breaking News:

Berita Batang

Disperindagkop dan UKM Batang Siapkan Data Pedagang yang akan Divaksin

Disperindagkop dan UKM saat ini sedang mendata para pedagang dari seluruh pasar di Kabupaten Batang.

Dok
Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sebagai langkah persiapan sebelum pelaksanaan vaksinasi yang akan digelar serentak, Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM (Disperindagkop dan UKM) saat ini sedang mendata para pedagang dari seluruh pasar di Kabupaten Batang.

“Ada 9 ribu pedagang se-Kabupaten Batang yang akan divaksin, pendataan sedang berlangsung jika sudah terdaftar semua, segera kami kirim ke Dinkes,” tutur Kepala Disperindagkop dan UKM Batang Subiyanto, Senin (22/2/2021).

Untuk tempat pelaksanaan, pihaknya pun masih masih berkoordinasi dengan Dinkes. Dia menyarankan, khusus bagi para pedagang sebaiknya vaksinasi dilakukan tetap di lingkungan pasar.

“Lebih baik di dalam pasar, karena dia tidak mau meninggalkan dagangannya. Kalau sampai ditinggal, otomatis dia tidak bisa melayani pembeli yang akan membeli kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Dijelaskannya, jumlah keseluruhan pasar di Kabupaten Batang ada 15 yang terbagi 8 pasar daerah dan 7 pasar desa.

“Saya akan berkoordinasi agar para pedagang tetap berada di dalam pasar saat proses vaksinasi. Sistemnya bisa dilakukan secara bergantian tiap pedagang,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui peran Demang Pasar selalu menyosialisasikan pentingnya vaksinasi untuk meningkatkan imunitas tubuh para pedagang agar tidak mudah terpapar Virus Corona.

“Walaupun mereka melayani pembeli di dalam pasar, tapi protokol kesehatan harus tetap dijalankan,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinkes Batang Muchlasin mengatakan, para pedagang tidak perlu khawatir, karena akan tetap memperoleh vaksin, hanya saja waktunya tidak bersamaan dengan pelayan publik lainnya.

“Yang jelas mereka masuk untuk divaksin pada tahap kedua, pengertian pedagang pasar tidak hanya mereka yang berdagang di dalam pasar saja, tapi semuanya termasuk pemilik toko yang ada di lingkungan pasar,” pungkasnya.(*)

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved