Breaking News:

Berita Kudus

Kesbangpol Kudus Pastikan Pendirian Tempat Ibadah Sudah Sesuai Aturan

Kesbangpol Kabupaten Kudus memastikan seluruh pendirian tempat ibadah harus sesuai aturan yang berlaku.

Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Sosialisasi peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomo 9 dan 8 tahun 2006, di Balai Desa Karangbener, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Selasa (23/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kudus memastikan seluruh pendirian tempat ibadah harus sesuai aturan yang berlaku.

Hal itu sesuai dengan peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomo 9 dan 8 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan tugas dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama.

Kepala Kantor Kesbangpol Kudus, Harso Widodo mengumpulkan sejumlah kepala desa di Kecamatan Bae agar mengetahui ‎tentang tata cara, syarat, aspek regulasi dan gambaran ‎pendirian tempat ibadah.

"Ini bagian momen yang tepat agar kepala desa itu paham. Karen‎a sebagian dari mereka ini masih baru," ujar dia, di Balai Desa Karangbener, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Selasa (23/2/2021).

Dia berharap, kejadian terkait penolakan sebuah tempat ibadah di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus tidak terulang.

Menurutnya, terkendalanya pembangunan tempat ibadah di desa itu karena belum melalui musyawarah desa.

"Karena sepanjang 2020 terjadi pandemi, jadi pelaksanaan musyawarah desa juga belum bisa dilaksanakan," ujar dia.

Namun, untuk persetujuan warga telah memenuhi sedikitnya 60 hingga 90 tandatangan warga sekitar.

"Tandatangan persetujuan dari warga sebenarnya sudah terpenuhi. Hanya musyawarah desanya saja, agar semua pembangunan sesuai prosedur," ucap dia.

Setelah melakukan kegiatan sosialisasi itu, rencana pihaknya akan menggelar sosialisasi di Kecamatan Kaliwungu, Undaan, dan Jekulo.

"Tahun ini kami akan melaksanakan empat kali, tahun depan empat kali," ujar dia. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved