Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Semarang Bikin WebGIS Pantau Kenaikan Kasus Covid-19 Berbasis Kelurahan

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 2021 membuat Website berbasis peta dan data COVID-19 di Kelurahan Sumurboto, banyumanik, Kota Semarang.

IST
WebGIS sumurbotosiaga.wixite.com dapat diakses oleh seluruh warga Kelurahan Sumurboto menggunakan smartphone ataupun laptop 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro 2021, Muhammad Daffa Musyary membuat website berbasis peta dan data COVID-19 di Kelurahan Sumurboto, banyumanik, Kota Semarang yang disebut WebGIS.

WebGIS adalah aplikasi GIS atau pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media komunikasi yang berfungsi mendistribusikan, mempublikasikan, mengintegrasikan, mengkomunikasikan dan menyediakan informasi dalam bentuk teks.

Selain itu juga menyajikan peta digital serta menjalankan fungsi–fungsi analisis dan query yang terkait dengan GIS melalui jaringan internet.

Pembuatan WebGIS ini dilakukan di Kelurahan Sumurboto dimulai dari 25 Januari 2021.

Tampilan WebGIS sumurbotosiaga.wixite.com yang dibuat untuk memberi informasi dan pendataan Covid-19 di Kelurahan Sumurboto
Tampilan WebGIS sumurbotosiaga.wixite.com yang dibuat untuk memberi informasi dan pendataan Covid-19 di Kelurahan Sumurboto (IST)

Di dalam WebGIS ini akan memuat informasi berupa pemetaan kawasan terdampak COVID-19 (jumlah warga yang terdampak dan titik lokasi), informasi cara penanggulangan pandemi COVID-19, serta informasi lainnya seputar Kelurahan Sumurboto.

Manfaat adanya WebGIS ini adalah tersedianya peta atau informasi yang berbasis WebGIS yang tersusun dengan baik, akurat, mudah dibaca, dan mudah dimengerti oleh awam sekalipun.

Baik berupa data maupun peta skematik sehingga pemerintah Kota Semarang ataupun Kelurahan Sumurboto dapat melakukan perencanaan dalam mendukung penekanan penyebaran virus COVID-19 menggunakan WebGIS.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved