Breaking News:

PLN UIP JBT II

Sukses Energize Proyek-proyek Kelistrikan, PLN Siap Tingkatkan Keandalan Jalur Utara Jawa

Pemberian tegangan ini juga membuktikan komitmen dan semangat insan PLN untuk terus berjuang membangun infrastruktur kelistrikan

Sukses Energize Proyek-proyek Kelistrikan,  PLN Siap Tingkatkan Keandalan Jalur Utara Jawa
IST
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II berhasil melakukan pemberian tegangan (energize) untuk Bay line Batang 2 Gardu Induk (GI) 150 kV Batang New, Bay line Weleri 2 GI 150 kV Batang New, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Batang New – Batang Line 2 dan SUTT 150 kV Batang New – Weleri Line 2.

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - Melanjutkan keberhasilan dalam mengoperasikan Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Pemalang/Batang Extension pada 28 Desember 2020 lalu, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II berhasil melakukan pemberian tegangan (energize) untuk Bay line Batang 2 Gardu Induk (GI) 150 kV Batang New, Bay line Weleri 2 GI 150 kV Batang New, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Batang New – Batang Line 2 dan SUTT 150 kV Batang New – Weleri Line 2.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Proyek Strategis Nasional (PSN) GITET 500 kV Pemalang/Batang yang dikerjakan oleh PT PLN (Persero) terdiri dari 4 diameter 500 kV, Interbus Transformer (IBT) 500/150 kV dengan kapasitas 2x500 MVA dan sisi Gardu Induk (GI) 150 kV yang memiliki kapasitas trafo 150/20 kV – 2x 60 MVA.

Proyek ini memiliki peran penting yaitu untuk mengevakuasi daya PLTU Batang 2 x 1000 MW dan PLTU Tanjung Jati B 2 x 1000 MW sehingga menambah keandalan sistem kelistrikan sepanjang jalur utara  Pulau Jawa.

“Hari ini telah diberikan tegangan pada bay line dari GITET Batang/Pemalang Ekstension ke GI Weleri dan GI Batang. Bay line ini berfungsi untuk memecah tegangan ekstra tinggi dari GITET ke GI, yang kemudian akan diteruskan dari GI kepada masyarakat. Selain itu pekerjaan SUTT 150 kV Batang-Weleri juga sudah selesai dikerjakan," terang Manajer Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Tengah 3 (UPP JJBT 3) Aan Ridhoana Fitriaji sebagai pelaksana pekerjaan.

Sementara itu Octavianus Duha selaku General Manager PLN UIP JBT II menyampaikan apresiasinya

“Alhamdullilah kami sangat mengapresiasi kerja keras rekan-rekan UIP JBT II khususnya melalui UPP JJBT 3 yang telah berjuang sehingga hari ini dapat kita lakukan energize. Tidak lupa terimakasih kepada PLN Pusat Manajemen Proyek (Pusmanpro) yang juga telah bersinergi dengan baik serta para mitra kerja. Semoga energize ini dapat meningkatkan keandalan kelistrikan khususnya jalur utara Jawa yang tentu saja berujung pada peningkatan investasi sehingga listrik dapat benar-benar menjadi penggerak perekonomian bangsa,” tuturnya.

Octavianus juga menambahkan bahwa penyelesaian proyek-proyek tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama para pekerja bekerja di lapangan.

PLN selalu mengutamakan zero accident yang harus dipatuhi secara ketat tanpa terkecuali.

“Pemberian tegangan ini juga membuktikan komitmen dan semangat insan PLN untuk terus berjuang membangun infrastruktur kelistrikan andal bagi masyarakat di tengah keterbatasan kondisi sekalipun.” tandasnya. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved