Breaking News:

Liga 1

Agar Bisa Digunakan PSIS di Liga 1, Stadion Jatidiri akan Didatangkan Tim Verifikasi dari LIB

Manajemen PSIS masih mengupayakan agar bisa benar-benar gunakan Stadion Jatidiri saat kompetisi Liga 1.

Tribun Jateng/Franciskus Ariel Setiaputra
Stadion Jatidiri 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Manajemen PSIS Semarang masih mengupayakan agar bisa benar-benar menggunakan Stadion Jatidiri saat kompetisi Liga 1 musim 2021 kembali digulirkan.

Pada 22 Januari lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah (Disporapar) memberi rekomendasi kepada PSIS terkait penggunaan homebase pelaksanaan Liga 1 tahun 2021.

Dalam surat rekomendasi tersebut tertulis, setelah dilakukan kajian dan pencermatan secara mendalam, atas permohonan PT. Mahesa Jenar PSIS Semarang, dimaksud, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Disporapar selaku pengguna barang, memberikan rekomendasi pemakaian Stadion Utama Jatidiri sebagai Home Base pada pelaksanaan Liga Indonesia Tahun 2021.

Selanjutnya, berkaitan dengan dimulainya pelaksanaan pekerjaan konstruksi (lanjutan) pembangunan Stadion Utama Jatidiri, maka PT. Mahesa Jenar PSIS Semarang diminta untuk penyesuaian.

Sejauh ini proses renovasi Stadion Jatidiri masih menunggu tahapan finalisasi, dengan progres renovasi saat ini yang sudah mencapai 80 persen.

Lantas, bagaimana perkembangan terbaru usai pihak Pemprov Jateng memberikan rekomendasi?.

CEO PSIS, Yoyok Sukawi menyebut saat ini pihaknya masih melengkapo sejumlah tahapan administrasi.

"Kita masih proses untuk melengkapi proses administrasi dengan Dinpora semoga secepatnya selesai," katanya di Semarang, Selasa (23/2/2021).

Yoyok menyebut, kembali ke Jatidiri bukan hanya harapan klub semata, namun juga masyarakat Kota Semarang dan suporter PSIS pada umumnya. Tim berjuluk Mahesa Jenar tersebut memainkan partai resmi terakhirnya di Stadion Jatidiri pada September 2017 silam menjamu Persis Solo sebelum renovasi Stadion Jatidiri kembali dilanjutkan pada waktu itu.

Jelang kompetisi Liga 1 musim 2021, Yoyok mengatakan pihaknya berharap sudah bisa menggunakan kembali Stadion Jatidiri.

"Kita sebetulnya ingin juga kalau nanti liga, kita sudah bisa pakai Stadion Jatidiri. Kalau bisa kan lebih bagus. Walaupun nanti tanpa penonton sekalipun, akan berbeda. Antara main di Jatidiri atau main di Citarum," jelasnya.

"Mudah-mudahan administrasinya segera selesai, dan kemudian masuk pada tahapan-tahapan selanjutnya," kata Yoyok.

Jika tak ada kendala, manajemen PSIS bakal mengundang tim verifikasi dari PSSI dan operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melakukan verifikasi tahap awal.

"Insyaallah awal bulan (Maret--red), PT LIB sudah akan kami undang untuk memverifikasi Stadion Jatidiri untuk verifikasi tahap pertama," ungkapnya.

"Verifikasi biasanya ada tiga tahap, kunjungan awal, inventaris yairu klib diberi waktu untuk membenahi, lalu nanti terakhir finalisasi. Beberapa minggu sebelum kick off itu nanti ada penilaian lagi, biasanya PSSI mengundang perwakilan FIFA dan AFC saat verifikasi," pungkas Yoyok. (*)

Penulis: Franciskus Ariel Setiaputra
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved