Breaking News:

Berita Pati

Dua Siswi SMA PGRI 2 Kayen Pati Hasilkan Material Kantong Kertas Ramah Lingkungan Berbahan Limbah

Kedua siswi kelas XI MIPA tersebut ialah Arinda Kusumaningrum (17) dan Via Valenta Kafita A (15)

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dua siswi SMA PGRI 2 Kayen meraih penghargaan honorable mention dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2021.

Kedua siswi kelas XI MIPA tersebut ialah Arinda Kusumaningrum (17) dan Via Valenta Kafita A (15).

Arinda berasal dari Desa/Kecamatan Sukolilo. Sedangkan Via berasal dari Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo.

Mereka mendapatkan penghargaan atas proyek penelitian di bidang Biologi yang menghasilkan material kantong kertas (paper bag) ramah lingkungan berbahan limbah jerami padi dan batang pisang.

Guru pembimbing mereka, Betty Shinta Indriani, menjelaskan latar belakang penelitian ini.

“Di Pati, Bupati sudah melarang penggunaan kantong plastik di toko ritel dan swalayan. Pemerintah membuat aturan menggunakan tas belanjaan sendiri,” jelas dia di laboratorium SMA PGRI 2 Kayen, Selasa (23/2/2021).

Betty menambahkan, kebanyakan tas belanja terbuat dari spunbond (suatu jenis kain sintetis). Sementara, belum ada penelitian yang menunjukkan penggunaan tas berbahan tersebut bisa efektif mengurangi penggunaan plastik.

“Karena itu anak-anak membuat paper bag sebagai solusi. Kalau tidak ada tas kain, bisa pakai tas kertas yang bahannya ramah lingkungan,” jelas dia.

Ia menuturkan, kedua anak didiknya juga telah melakukan pengujian terhadap hasil inovasi mereka di Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK) Kementerian Perindustrian.

Dari hasil pengujian, diketahui bahwa material kertas karya Arinda dan Via sudah sesuai Standar Nasional Indonesia pada klasifikasi kertas karton dengan gramatur 150 gram per meter persegi.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved