Breaking News:

KKN Undip

Ekstrak Buah Terong Belanda Jadi Serbuk Minuman Instan Kreasi Mahasiswa KKN Undip

Terong belanda merupakan tanaman yang masih sedikit pemanfaatannya dan banyak tumbuh di daerah pegunungan, salah satunya di pegunungan Dieng.

IST
Mahasiswa KKN Tematik Tim I Universitas Diponegoro 2021 di Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo membuat inovasi berupa serbuk minuman instan dari ekstrak buah terong belanda. 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tim I Universitas Diponegoro 2021 di Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah membuat inovasi berupa serbuk minuman instan dari ekstrak buah terong belanda.

Terong belanda merupakan tanaman yang masih sedikit pemanfaatannya dan banyak tumbuh di daerah pegunungan, salah satunya di pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

“Buah terong belanda memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu juga bisa menurunkan resiko obesitas dan bisa melancarkan sistem pencernaan. Oleh karena itu, Kami berinovasi dengan memanfaatkan buah terong belanda menjadi serbuk minuman instan” ujar Winda Agustin, salah satu anggota KKN Tematik Tim I Undip 2021.

KKN Tematik Tim I Undip 2021 di Wonosobo yang terdiri dari 10 mahasiswa dan dibimbing oleh Fahmi Arifan S.T.,M.Eng dan Ir. RTD Wisnu Broto M.T telah menyosialisasikan inovasinya kepada masyarakat Dusun Ngandam, Desa Sikunang.

Winda Agustin menjelaskan cara pembuatan serbuk minuman instan dari ekstrak buah terong belanda cukup mudah dan bisa dilakukan dalam skala rumah tangga.

Untuk bahannya sendiri hanya dari buah terong belanda, air, dan gula pasir. Cara pembuatan yang pertama dimulai dengan mengupas kulit buah terong belanda kemudian dihaluskan menggunakan blender dengan penambahan sedikit air.

Hasil blenderannya kemudian di saring untuk diambil filtratnya. Setelah itu filtrat dimasukkan ke dalam wajan dan ditambah gula passir lalu dipanaskan denan api kecil dan sambil diaduk.

Kemudian ditunggu sampai campuran mengkristal dan setelah itu bisa langsung di seduh menggunakan air panas.

“Inovasi yang telah kami sosialisasikan kepada masyarakat Dusun Ngandam, Desa Sikunang untuk kedepannya diharapkan menjadi suatu produk unggulan yang ada di Desa Sikunang dan menjadi sumber penghasilan lain bagi masyarakat setempat selain dari hasil ladang” ujar Winda Agustin, salah satu anggota KKN Tematik Tim I Undip 2021.

Inovasi yang telah dibuat oleh KKN Tematik Tim I Undip 2021 ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat Dusun Ngandam serta mendapatkan dukungan dengan penuh oleh perangkat Desa Sikunang. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved