Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Ajak Kelompok Tani Karya Pemalang Harapan Bikin Teh Herbal Limbah Daun Kopi

Desa Gunungsari merupakan desa yang terletah di lereng Gunung Slamet yang berada di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemlang.

IST
Mahasiswa KKN Undip, Salma Aditia Ningrum mengajak warga mengembangkan potensi yang ada di desa Gunungsari untuk membuat produk inovasi dengan berbahan dasar dari kopi-kopian. 

TRIBUNJATENG.COM, PEMALANG - Desa Gunungsari merupakan desa yang terletah di lereng Gunung Slamet yang berada di Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemlang.

Letak desa yang berada di bawah lereng gunung menyebabkan Desa Gunungsari memiliki potensi dalam hal perkebenuan salah satunya adalah perkebuanan kopi.

Mahasiswa KKN Tematik Gunungsari mengajak salah satu kelompok tani yang ada di desa yaitu Kelompok Tani Karya Harapan untuk mengembangkan potensi yang ada di desa Gunungsari untuk membuat produk inovasi dengan berbahan dasar dari kopi-kopian.

Salah satunya pemanfaatana daun kopi. Upaya yang coba dilakukan adalah dengan cara sosialisais dengan kelompok Tani Karya Harapan yang kususnya memiliki kebun kopi. Sosialisasi dilakukan pada tanggal 10 Februari 2021 di langsung kepada rumah warga.

Kegiatan ini merupakan program kerja dari Salma Aditia Ningrum, mahasiswa Jurusan Teknologi Pangan, fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro yang dilatar belakangi melimpahnya komoditas kopi yang berada di desa Gunungsari, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Komoditas kopi yang melimpah, memberikan spekulasi bahwa limbah yang dihasilkan dari sector tersebut juga terbilang tinggi salah satunya limbah daun kopi.

Daun kopi sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti mengatasi hipertensi, asma, mengalau radikal bebas karena kaya akan klandungan antioksidan.

Proses pembuatan teh herbal daun kopi juga cukup sederhana dengan memanfaatkan panas matahari yang kemudian akan di substitusi oleh jahe agar dapat memberi efek kesehatan pada saat pandemi covid-19. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved