Breaking News:

KKN UNDIP

Mahasiswa KKN Undip ManfaatkanDaun Carica sebagai Nutrisi Pakan Ternak

Selama ini pemanfaatan terbesar hanya terdapat pada buah carica saja, kebanyakan daun carica hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan.

IST
Mahasiswa TIM I KKN UNDIP di Dusun Ngandam, Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo memperkenalkan nutrisi pakan ternak fermentasi kepada para petani dan peternak sebagai solusi pemanfaatan daun carica. 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Mahasiswa TIM I KKN UNDIP di Dusun Ngandam, Desa Sikunang, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo memperkenalkan nutrisi pakan ternak fermentasi kepada para petani dan peternak sebagai solusi pemanfaatan daun carica.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar warga Dusun Ngandam menanam carica sebagai komoditas utamanya.

Namun, selama ini pemanfaatan terbesar hanya terdapat pada buah carica saja, kebanyakan daun carica hanya dibuang dan tidak dimanfaatkan.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip, Alihsan Rahmawati yang berasal dari jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, membuat produk dengan memanfatkan daun carica sebagai nutrisi pakan ternak fermentasi guna mengatasi masalah menumpuknya limbah daun carica.

“Jadi setelah musim panen carica, daun carica dikumpulkan lalu kita olah sebagai nutrisi pakan ternak, setelah itu kita simpan. Disisi lain daun carica kaya akan nilai gizi yang sangat bermanfaat, terutama kandungan betakarotennya.
Sehingga perlu pemanfaatan lebih pada daun carica agar mempunyai nilai jual yang tinggi,” ujar Alihsan Rahmawati, mahasiswa Tim I KKN Undip Dusun Ngandam.

Proses pembuatan nutrisi pakan ini juga terbilang mudah, bahan yang digunakan yaitu daun carica, air, gula pasir, NPK, Urea, dan Aspergillus Niger.

Pembuatan dilakukan dengan pemotongan daun carica, lalu dicampurkan dengan larutan air, gula pasir, NPK, Urea, dan Aspergillus Niger yang sudah didiamkan selama 24-36 jam.

Selanjutnya dimasukkan kedalam tong atau ember tertutup yang kedap udara supaya terjadi fermentasi. Lama waktu fermentasi yaitu 5-6 hari.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan dan sosialisasi ini warga Dusun Ngandam dapat mengolah daun carica menjadi nutrisi pakan ternak fermentasi dan dapat menurunkan biaya untuk pakan ternak serta terpenuhinya gizi hewan ternak,” ujar Alihsan Rahmawati, mahasiswa KKN Undip. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved