Breaking News:

Menlu Retno Bertemu Menlu Myanmar di Thailand

Bangkok Post menyebut, Menlu Thailand Don Pramudwinai melakukan pertemuan trilateral dengan Maung Lwin dan Retno.

Kemenlu
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi 

TRIBUNJATENG.COM, BANGKOK - Menteri Luar Negeri Myanmar yang ditunjuk oleh rezim militer, U Wunna Maung Lwin, dilaporkan bertemu dengan Menlu RI, Retno Marsudi, di Thailand, pada Rabu (24/2).

Maung Lwin dan Retno dikabarkan bertemu setelah keduanya melakukan kunjungan ke Thailand di hari yang sama.

Media lokal Myanmar, Irrawaddy, melaporkan, pertemuan kedua menlu terjadi setelah Retno secara tiba-tiba membatalkan kunjungan ke Myanmar.

Koran Thailand, Bangkok Post, juga melaporkan rencana pertemuan kedua menlu tersebut. Bangkok Post menyebut, Menlu Thailand Don Pramudwinai melakukan pertemuan trilateral dengan Maung Lwin dan Retno.

Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah tidak membantah hal itu, tetapi juga tidak membenarkan laporan tersebut.

Menurut dia, keterangan resmi akan disampaikan begitu Retno tiba di Jakarta pada Rabu malam. "Kita tunggu saja keterangan Ibu Menlu saat di Jakarta nanti," katanya, saat dikonfirmasi.

Ia menuturkan, pada Rabu pagi Retno telah bertemu dengan Menlu Thailand. "Ibu Menlu saat ini (siang kemarin-Red) sudah dalam penerbangan kembali ke Indonesia."

Sebelum kabar pertemuan Retno dan Maung Lwin beredar, Kementerian Luar Negeri RI telah mengklarifikasi rencana kunjungan Retno ke Myanmar.

Faizasyah menyatakan, Retno batal mengunjungi Myanmar akibat situasi saat ini yang tidak memungkinkan.

"Menlu RI membuka opsi melakukan kunjungan ke Nay Pyi Taw untuk mencari solusi di tingkat kawasan dalam hal ini ASEAN. Rencana ini disusun dengan terus mempertimbangkan perkembangan situasi di Myanmar," tuturnya.

"Dengan melihat berbagai perkembangan yang ada saat ini dan setelah berkonsultasi dengan sejumlah negara ASEAN lain, saat ini bukan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan ke Myanmar," jelasnya.

Sementara itu, Reuters melaporkan, Menlu Maung Lwin mengunjungi Thailand untuk membahas krisis pasca-kudeta yang berlangsung di Myanmar.

Seorang sumber pemerintah Thailand mengungkapkan, kunjungan menlu junta militer itu untuk membicarakan upaya diplomatik bersama asosiasi negara-negara di Asia Tenggara dalam menyelesaikan krisis yang terjadi pasca kudeta di Myanmar 1 Februari lalu. (cnn)

Editor: Vito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved