Breaking News:

Berita Blora

Nasib Keberangkatan 617 Calon Haji Blora Ditentukan sampai April 2021

Jemaah calon haji di Kabupaten Blora ditentukan nasib keberangkatannya sampai pada April 2021.

net
Ilustrasi. Wukuf di Padang Arafah adalah wajib bagi seluruh jemaah haji dan ini merupakan puncak ibadah haji, rukun Islam ke lima. Jabal Arafah merupakan tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa pertama kali di dunia sejak diturunkan dari Surga. Jutaan jemaah haji tiap tahun wukuf di Padang Arafah, lokasinya berada di bagian timur luar Kota Makkah. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Jemaah calon haji di Kabupaten Blora ditentukan nasib keberangkatannya sampai pada April 2021. Apalagi sebelumnya terdapat larangan untuk ejumlah Negara termasuk Indonesia ke Arab Saudi karena alasan pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Blora, Dwiyanto menuturkan, jika akhir Februari terjadi kesepakatan antara Indonesia dengen Arab Saudi, maka dipastikan Jemaah calon haji akan berangkat 100 persen. Pada 2021, dari Blora jumlah Jemaah calon haji sebanyak 617 orang. Sedianya mereka harusnya berangkat pada 2020, namun karena waktu itu tidak ada pemberangkatan haji lantaran alasan pandemi, maka diundur.

Dwiyanto melanjutkan, jika kesepakatan antara Indonesia dengan Arab Saudi jatuhnya pada awal atau pertengahan Maret, maka jumlah Jemaah yang akan diberangkatkan sebanyak 50 persen. Namun jika kesepakatan itu tiba di April 2021, maka jumlah Jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 20 sampai 30 persen.

“Itu opsi saja, jadi belum keputusan. Opsinya Menteri Agama begitu,” ujar Dwiyanto, Rabu (24/2/2021).

Kemudian, kata Dwiyanto, sampai pada April 2021 kok masih belum ada keputusan antara kedua negara maka dipastikan tidak ada pemberangkatan Jemaah haji.

Namun, meski belum ada titik terang antara berangkat atau tidak, pihaknya telah menyiapkan segenap peranti kebutuhan keberangkatan. Misalnya saja menyiapkan dokumen keberangkatan termasuk paspor.

“Sampai hari ini kami mendata dokumen keberangkatan, termasuk foto paspor yang kedaluwarsa, kan ada paspor waktunya habis sudah kami kirim ke imigrasi. Kemudian proses penataan lembar pelunasan dengan papor lagi ini,” ujar dia. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved