Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Rencana Susunan RKPD 2022, Diskominfo Kabupaten Tegal Fokus Pengembangan SPBE dan Smart City

Dinas Kominfo tidak hanya mendukung kinerja pemerintah Kabupaten Tegal saja tapi juga memfasilitasi sistem pemerintahan berbasis elektronik

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Foto berlangsungnya kegiatan forum organisasi perangkat daerah Diskominfo tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022. Berlokasi di ruang candra kirana Pemkab Tegal Selasa (23/2/2021) kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 lanjutan 2021, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal memfokuskan dua program unggulan yaitu pengembangan SPBE dan Smart City.

Hal tersebut dipaparkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal, Desy Arifianto, pada forum organisasi perangkat daerah Diskominfo tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022.

Adapun tema pada forum yang berlangsung di ruang candra kirana Pemkab Tegal Selasa (23/2/2021) kemarin yaitu "Penguatan Transformasi Sosial-Ekonomi dan penataan kota sehat yang didukung pemerintahan yang profesional."

"Fokus kami pada RKPD tahun 2022 atau bisa dibilang kelanjutan tahun 2021 yaitu pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk memberikan layanan internal. Sedangkan untuk layanan masyarakat kami juga ada program Kabupaten Tegal Smart City, sehingga layanan masyarakat juga terintegrasi dengan aplikasi," papar Desy, pada Tribunjateng.com.

Dijelaskan, Dinas Kominfo tidak hanya mendukung kinerja pemerintah Kabupaten Tegal saja tapi juga memfasilitasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Sehingga layanan kepada masyarakat khususnya di era pandemi Covid-19 tetap terlaksana dengan baik dan bisa dirasakan manfaatnya.

Termasuk informasi-informasi mengenai Covid-19 di Kabupaten Tegal juga bisa diakses masyarakat.

"Pada tahun 2022 kami berharap rintisan program SPBE dan Smart City akan terimplementasikan dengan baik. Dengan kata lain layanan berbasis elektronik bisa menjangkau lebih luas. Kami ingin hadirnya teknologi di tengah masyarakat bukan menjadi hal negatif, justru positif karena bisa memicu pertumbuhan ekonomi dan masyarakat bisa mengikuti perkembangan zaman," jelasnya.

Desy menyebut, setiap tahun Dinas Kominfo rutin mengadakan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat mengenai perkembangan teknologi informasi.

Seperti tahun 2020 kemarin pihaknya fokus pada pembahasan keamanan informasi, dan pada tahun 2021 ini rencananya akan membahas mengenai anti hoax.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved