Breaking News:

Berita Semarang

Bank lndonesia Jateng Terus Dorong Penggunaan QRIS, Melalui Jembar dan Digital Muslim Festival

Kantor Perwakilan Bank lndonesia (KPw BI) Jateng senantiasa berupaya mendorong pemanfaatan QRIS.

Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Pribadi Santoso dalam acara press conference bersama media beberapa waktu yang lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kantor Perwakilan Bank lndonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Tengah senantiasa berupaya mendorong pemanfaatan Quick Response Code lndonesian Standard (QRIS) di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Adapun QRIS dapat menjadi solusi transaksi pembayaran di berbagai aspek, seperti transaksi jual beli, pembelian tiket wisata maupun transportasi, berdonasi, bahkan membayar pajak, retribusi.

Sebagai wujud kontribusi nyata dalam mengakselerasi QRIS di Jawa Tengah, KPw BI Provinsi Jawa Tengah mengadakan rangkaian acara Jelajah Edukasi Bareng QRIS Jateng (Jembar QRIS Jateng) pada tanggal 9-15 Februari 2021 serta Digital Muslim Festival pada tanggal 17 Februari 2021 yang merupakan kolaborasi dengan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Jembar QRIS Jateng merupakan sebuah rangkaian acara sosialisasi untuk mempersiapkan implementasi QRIS di berbagai sektor.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Pribadi Santoso menuturkan Jembar QRIS Jateng dibuka pada Selasa, (9/2/2021) lalu, dengan sosialisasi implementasi QRIS pada UMKM. “Sosialisasi yang diberikan pada acara tersebut berfokus pada teknis penggunaan, keunggulan, dan manfaat dari QRIS bagi UMKM serta mendiskusikan permasalahan yang dihadapi UMKM pada penggunaan media pembayaran non tunai,” ujar Pribadi, dalam siaran pers tertulisnya, Jumat, (26/2/2021).

Selain itu, sosialisasi implementasi QRIS sebagai kanal donasi di PMI yang dihadiri segenap pengurus PMI Kota/Kabupaten di Jawa Tengah turut menjadi rangkaian agenda Jembar QRIS Jateng. Agenda ini dilaksanakan secara virtual dan bertujuan untuk mendorong penyediaan QRIS sebagai media alternatif penyaluran donasi masyarakat,

Dalam agenda tersebut, turut hadir perwakilan PMI Kabupaten Pati yang merupakan pionir pengimplementasian QRIS dalam penggalangan donasi. Kanal donasi dengan QRIS dinilai mampu mengakomodir keinginan masyarakat, utamanya kalangan muda untuk berdonasi dalam nominal kecil serta dapat dilakukan darimana saja tanpa harus menuju posko PMI terdekat. Salah satu inovasi PMI Kabupaten Pati yakni menyebarkan QRIS PMI Kabupaten Pati ke berbagai sekolah menengah, sehingga dapat menjangkau siswa dan siswi Kabupaten Pati yang merupakan digital savvy agar semakin peduli untuk berbagi dengan sesama.

“Dalam rangkaian penutup Jembar QRIS Jateng, diselenggarakan webinar implementasi QRIS untuk Pembayaran SIM yang diikuti oleh seluruh perwakilan Polres di wilayah Polda Jateng. Pada acara virtual tersebut, diberikan sosialisasi mengenai langkah implementasi QRIS untuk masing-masing Polres. Dengan adanya inovasi dari Ditlantas Polda Jateng ini, masyarakat dapat tetap memenuhi kewajibannya untuk membayar PNBP SIM dengan menggunakan kanal pembayaran non tunai,” imbuhnya.

Selain kegiatan sosialisasi Jembar QRIS Jateng, KPw Bl Provinsi Jawa Tengah juga terus mendorong penggunaan QRIS sebagai kanal donasi di rumah ibadah. Langkah awal dari komitmen ini adalah mendorong optimalisasi kerjasama Masjid Jaburan QRIS (Jariyah, Guyub, Makmur, lan Aman Nganggo QRIS), yakni antara KPw BI Provinsi Jawa Tengah, Dewan Masjid lndonesia Provinsi Jawa Tengah dan Bank Syariah lndonesia. Komitmen bersama tersebut telah tertuang dalam MoU yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di acara Digital Muslim Festival di Masjid Agung Jawa Tengah pada 17 Februari 2021 lalu. Dengan adanya perjanjian tersebut, implementasi QRIS sebagai kanal donasi di berbagai masjid di Jawa Tengah diharapkan dapat
terakselerasi dengan baik

"QRIS menjadi solusi untuk pembayaran yang cepat, mudah, murah, dan higienis. Penggunaan QRIS juga dapat mengurangi risiko penyebaran covid-19, karena merupakan media pembayaran yang contactless dan aman untuk digunakan kapanpun dimanapun. Terutama apabila kita hendak menjalankan ibadah sedekah di tengah pandemi seperti ini, QRIS hadir menjembatani para dermawan untuk dapat menyalurkan Zakat, lnfaq dan Sedekah (ZlS) kepada lembaga amil zakat,” jelasnya.

Ditambahkannya, rangkaian acara tersebut merupakan bentuk kontribusi nyata dari komitmen KPw Bl Provinsi Jawa Tengah untuk menyongsong ekosistem digital menuju lndonesia Maju. Diharapkan dengan semakin meningkatnya literasi digital sistem pembayaran masyarakat, akselerasi pemulihan ekonomi nasional dapat terwujud dengan optimal. (*)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved