KKN Undip

Camilan Anak Alternatif Selama Pandemi Covid-19 Kreasi Mahasiswa KKN Undip

Dalam sosialisasi ini pesertanya terdiri dari ibu rumah tangga, remaja dan anak sekolah dasar. Kegiatan berikut dilakukan oleh Mahasiswa KKN.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Proses pembuatan camilan untuk anak-anak 

TRIBUNBJATENG.COM, MAGELANG - Saat ini, Indonesia masih menghadapi adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) hingga masyarakat harus beradaptasi dan mematuhi protokol kesehatan.

Ketika menyerang manusia, Coronavirus biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan, seperti flu, MERS (Middle East Respiratory Syndrome), dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

Sejauh ini tercatat sebanyak 995 total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Angka tersebut tentu masih bisa terus meningkat.

Maka dari itu peran masyarakat sangat penting dalam hal ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Adanya pandemi Covid-19 ini banyak anak sekolah yang melakukan sekolah secara daring sehingga banyak anak-anak yang lebih senang bermain di luar rumah.

Saat anak bermain di luar rumah, banyak orangtua yang tidak mengawasi anak-anak mereka hingga mereka senang membeli makanan jajanan yang tidak sehat dikarenakan banyak orang berjualan yang melewati desa selama pandemi ini berlangsung.

Edukasi jajanan sehat kepada anak sekolah
Edukasi jajanan sehat kepada anak sekolah (IST)

Dengan fakta tersebut, maka diperlukan intervensi yang sesuai mengenai pentingnya mengonsumsi jajanan yang sehat dan bergizi bagi anak sekolah karena mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya.

Hal inilah yang dilakukan penulis, kegiatan Edukasi Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal untuk membuat jajajan sehat dan Edukasi Jajanan Sehat yang merupakan salah satu program dalam pelaksanaan KKN TIM I UNDIP 2021.

Kegiatan edukasi ini berlokasi di RT 03/08 kelurahan Deyangan di dusun Koto pada Minggu, 31 Januari 2021 dan 8 Februari 2021.

Dalam sosialisasi ini pesertanya terdiri dari ibu rumah tangga, remaja dan anak sekolah dasar. Kegiatan berikut dilakukan oleh Mahasiswa KKN.

Edukasi jajanan sehat kepada anak - anak dilakukan agar mereka dapat membedakan dan memilih makanan yang sebaiknya dikonsumsi dan baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Pemberian edukasi dan pembuatan jajanan bersama ibu rumah tangga dan remaja diharapkan mereka dapat membuat makanan camilan yang sehat.

Selain itu, remaja dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai ladang usaha yang berbasis bahan pangan lokal.

Salah satu camilan yang dibuat adalah camilan dari bahan ubi jalar dan kentang. Ubi jalar diolah menjadi bola ubi lumer sedangkan kentang dibuat menjadi sotang (sosis kentang).

Pembuatan camilan sendiri diharapkan bahan yang digunakan masih fresh dan kebersihannya terjaga.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak sekolah dasar dapat membedakan jajanan sehat dan tidak serta terbiasa mengonsumsi jajanan yang sehat.

Selain orang tua diharapkan dapat memperhatikan makanan anak - anak mereka selama pandemi Covid-19 dikarenakan makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved