Lagi, Sekitar 300 Siswi di Nigeria Diculik Kelompok Bersenjata

Ratusan pria bersenjata menyerbu kota sekitar pukul 2 pagi pada hari Jumat, menembak secara sporadis ke udara untuk menakut-nakuti.

Editor: Vito
KOLA SULAIMON / AFP
ilustrasi - Militer nigeria bebaskan siswa yang diculik Boko Haram 

TRIBUNJATENG.COM, JANGEBE - Ratusan murid sekolah menengah di Nigeria diculik setelah kelompok bersenjata menyerbu sekolah mereka, Jumat (26/2) dini hari.

Dilansir Mirror, anak-anak itu diculik dari Sekolah Menengah Perempuan Pemerintah (GGSS) di Kota Jangebe, di negara bagian Zamfara di barat laut.

Setidaknya 300 anak diyakini hilang dari sekolah berasrama, kata laporan. Seorang anggota staf mengatakan, beberapa murid berhasil bersembunyi dari 'bandit' ketika ratusan pria bersenjata 'menyerbu' kota pada dini hari.

Berbicara tanpa menyebut nama, ia mengatakan, "Ratusan pria bersenjata itu menyerbu kota sekitar pukul 2 pagi pada hari Jumat, menembak secara sporadis ke udara untuk menakut-nakuti penduduk sebelum masuk ke sekolah."

"Setelah mengambil sebagian besar siswa, kami mengumpulkan siswi yang melarikan diri atau bersembunyi dari para bandit dan melakukan pendataan. Kami menghitung ada 54 siswa, dan kami masih mencari untuk melihat apakah kami bisa mendapatkan lebih banyak lagi."

Penduduk setempat dilaporkan mencoba untuk melawan 'invasi' tersebut, tetapi mereka kalah jumlah dan persenjataan.

Alhaji Abubakar Dauran, komisaris keamanan dan urusan dalam negeri Nigeria, mengatakan kepada Kantor Berita Nigeria, pada Jumat (26/2), "Saya dapat mengonfirmasi kepada Anda sekarang bahwa kami dengan sedih telah menerima laporan tentang penculikan siswa GGSS Jangebe, dan sekarang saya sudah dalam perjalanan menuju sekolah."

"Saat ini saya tidak bisa mengatakan berapa banyak siswa yang dibawa pergi oleh orang-orang bersenjata itu sampai saya tiba di sana, tetapi kami telah mengerahkan petugas keamanan dan anggota vigilantatè yang sekarang mengejar para penculik."

Kejadian penculikan itu hanya berselang sekitar satu minggu setelah 27 siswa diculik dari sekolah menengah di negara bagian Niger pekan lalu.

Insiden penyerbuan sekolah dan penculikan anak-anak di Nigeria sebelumnya juga terjadi pada Desember 2020 lalu, di mana sekitar 400 siswa laki-laki menghilang setelah kelompok bersenjata menyerang sebuah sekolah di Nigeria dengan senapan serbu AK-47.

Kelompok teror Boko Haram sempat menjadi berita utama di seluruh dunia ketika menculik 276 gadis dari sebuah sekolah menengah di Kota Chibok di Nigeria pada 2014. (Tribunnews.com)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved