Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Bikin Video Kreatif Kenapa Harus Cuci Tangan

Selain video anjuran cuci tangan dengan benar, Lentera juga mensosialisasikan edukasi adaptasi kebiasaan baru melalui poster.

IST
Video sosialisasi kenapa harus mencuci tangan saat pandemi Covid-19 oleh mahasiswa KKN Undip 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Hingga 15 Februari 2021 kasus positif Covid- 19 di kota Semarang berjumlah 17.815 dengan penambahan kasus yang relatif meningkat.

Padahal aturan jaga jarak dan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat berkali kali di terapkan oleh pemerintah.

“Saya rasa aturan pembatasan kegiatan masyarakat terkalahkan oleh keinginan masyarakat untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan ekonomi mereka,” kata mahasiswa KKN Undip 2021, Lentera Bagas Kurniawan.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat cenderung abai dengan imbauan pemerintah dengan dalih alasan ekonomi.

Padahal, dalam setiap kegiatan masyarakat terdapat penyaluran kuman dan bakteri.

Maka dari itu mencuci tangan dengan benar, sesuai aturan WHO merupakan hal yang sangat penting untuk menghambat penyebaran virus dan bakteri.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Program Studi Antropologi Sosial ini tergabung dalam KKN Tim 1 Universitas Diponegoro ini, melaksanakan kegiatan KKN di wilayah Kelurahan Muktiharjo Kidul, Pedurungan, Kota Semarang.

Lentera melaksanakan sosialisasi anjuran cuci tangan yang benar sesuai standar WHO.

Ia melakukan sosialisasi tersebut melalui media video dan menyebarkan video tersebut melalui whatsapp grup tiap RT yang ada di RW 04.

Selain video anjuran cuci tangan dengan benar, Lentera juga mensosialisasikan edukasi adaptasi kebiasaan baru melalui poster.

Cara penyebaran lewat whatsapp grup dipilih karena metode sosialisasi ini dirasa paling efektif dan tidak terdapat kontak langsung dengan masyarakat yang dapat memicu penyebaran virus dan bakteri.

Video sosialisasi anjuran cuci tangan tersebut dapat disaksikan di kanal Youtube dengan judul “KENAPA KITA HARUS MENCUCI TANGAN (bagaimana mencuci tangan dengan benar?) KKN TIM I UNDIP”

Dengan program edukasi cara mencuci tangan sesuai anjuran WHO dan edukasi adaptasi kebiasaan baru, diharapkan masyarakat dapat melakukan aktivitas tanpa melakukan penyebaran virus dan bakteri. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved