Breaking News:

Focus

Amanah dan Khianat

Bahkan dulu, ada video karangan bunga menjadi viral. Mungkin punya pesan bahwa pemimpin itu sangat dicintai sebagian besar rakyatnya

Penulis: Catur waskito Edy | Editor: muslimah
tribunjateng/bram
CATUR WISANGGENI 

Amanah dan Khianat

Oleh Catur Waskito Edy

Wartawan Tribun Jateng

KARANGAN bunga dan iklan ucapan biasanya dikirimkan seseorang atau lembaga untuk mengirimkan pesan baik suka dan duka. Tergantung isi tulisan ucapannya apakah bahagia atau berduka.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti karangan bunga adalah pelbagai macam bunga yang disusun dan diatur menjadi suatu bentuk yang elok, tanda ucapan selamat, untuk hiasan atau tanda turut berduka cita.

Hari ini di berbagai daerah, tidak hanya di Jawa Tengah tapi hampir di seluruh Indonesia yang sedang ada pelantikan kepala daerah terlihat karangan bunga atau iklan ucapan selamat baik media cetak dan online.

Bahkan dulu, ada video karangan bunga menjadi viral. Mungkin punya pesan bahwa pemimpin itu sangat dicintai sebagian besar rakyatnya, walau sebagian besar dibuat oleh timnya dan pendukungnya sendiri.

Sah-sah saja! Tentunya hal itu bisa dijadikan pelecut sang pemimpin untuk bekerja maksimal sesuai janji-janji kampanyenya. Seluruh jiwa dan raganya, khususnya pikirannya untuk memakmurkan, untuk mensejahterakan warganya. 

Fulan pun mencoba kalkulasi berapa biaya dari proses pendaftaran, lobi pengusung, pelaksanaan pilkada hingga biaya kampanye hingga pelantikan bila dikumpulkan? "Sudahlah jangan memikirkan hal itu, nanti kita malah pikirannya curiga dan negatif melulu, ujung-ujungnya kita berprasangka jelek dan bisa membuat fitnah, lebih baik ikut bersyukur dan berdoa siapa pun pemimpin yang dilantik kemarin akan amanah untuk menjalankan kewajibannya menjadi penentu kebijakan wilayahnya," tegur Mbah Man.

Mbah Man berharap para pemimpin bisa mengikuti pesan khalifah Umar bin Khattab. Dikisahkan dalam sambutan pelantikannya, bagaimana takutnya Umar memikul beban tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Baginya jabatan adalah ujian yang akan memasukkan dirinya ke surga atau neraka.

Maka agar terhindar dari neraka, Umar meminta masyarakatnya tak ragu untuk menegurnya bila melakukan kesalahan. Bahkan Umar meminta rakyat tak ragu menuntutnya jika rakyat tak terhindar dari bencana. "Bantulah saya dalam tugas saya menjalankan amar makruf naih munkar dan bekalilah saya dengan nasihat-nasihat saudara-saudara sehubungan dengan tugas yang dipercayakan Allah kepada saya demi kepentingan Saudara-saudara sekalian," kata Umar menutup sambutannya.

Harapan kita pada pemimpin yang kemarin dilantik bisa menjaga amahnya karena amanah adalah mandat, kepercayaan. Dan selalu INGAT bahwa amanah akan berkawan dengan sifat-sifat seperti dapat dipercaya, jujur, tanggung jawab, adil. Bukan sebaliknya khianat dan menusuk dari belakang.

Jabatan adalah amanah, yang akan dimintai pertanggungjawaban bukan cuma di dunia tapi sampai akhirat. Maka bila garis tangan Anda memang sudah ditakdirkan menjadi pemimpin daerah gunakan jabatan Anda sebagai sarana untuk mengabdi pada masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

Jangan hanya mencari jabatan saja untuk mendapatkan keuntungan diri Anda dan golongan Anda karena itu akan semakin menjauh diri Anda dari amanah.

Perlu selalu diingat bahwa amanah lahir tidak sendirinya, melainkan melalui pondasi yang kuat yakni takwa pada Allah dan takut siksa-Nya. Kalau pondasi ini rapuh, akan rapuh pula amanah yang diembannya.

Jangan sampai Anda tergoda bisikan jelek kanan dan kiri yang merasa berjasa memperjuangkan Anda jadi pemimpin yang akhirnya amanah itu Anda khianati. Ingatlah pesan Umar betapa amanah ini akan menjadi saksi kita di hari akhir nanti. Selamat bertugas semoga diberi kelancaran dan keselamatan dalam menjalankan amanah Anda! (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved