KKN Undip

Kontribusi Mahasiswa KKN Undip Semarang di Kampung Percontohan Pengendalian Covid-19

Kampung Tangguh Jaya merupakan suatu program kerja sama antara Pimpinan Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, dan Pemprov DKI

Editor: abduh imanulhaq
IST
Mahasiswa Undip yang melaksanakan KKN di Kampung Tangguh Jaya, Kelurahan Penggilingan. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kampung Tangguh Jaya merupakan suatu program kerja sama antara Pimpinan Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, dan Pemprov DKI untuk membentuk kampung percontohan dalam penanggulangan kasus covid-19 yang tinggi di DKI Jakarta.

Pemilihan suatu wilayah untuk dijadikan Kampung Tangguh Jaya adalah bagi wilayah yang termasuk dalam zona merah.

Tak terkecuali di Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur dengan total kasus positif aktif sebanyak 142 kasus.

Kampung Tangguh Jaya di Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung bertempat di RT 017/RW 05.

Masyarakat setempat diminta untuk aktif dalam sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan menekan laju persebaran covid-19 di wilayah tersebut.

Berbagai fasilitas penunjang telah disiapkan seperti posko kesehatan ruang isolasi mandiri, taman ketahanan pangan, dan taman baca. Fasilitas rapid test gratis dan swab antigen gratis juga kerap disediakan apabila ada kunjungan dan pemantauan dari Polda Metro Jaya.

Mahasiswa KKN Undip, Dania Haryani dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis bersama teman-teman lain, yaitu Fachry (21) dan Shafa (21), juga turut serta membantu menekan laju persebaran covid-19 bersama masyarakat setempat di Kampung Tangguh Jaya, Kelurahan Penggilingan, RT 017/RW 05.

Program kerja yang dilakukan antara lain Pembuatan Spanduk Peta Persebaran Covid-19 di Kecamatan Cakung serta Protokol Kesehatan untuk Menekan Laju Persebaran Covid-19 dan sosialisasi pendaftaran usaha kuliner ke Grabfood dan Gofood.

Spanduk peta persebaran dan protokol kesehatan berisikan informasi jumlah data kasus aktif dan suspek total yang bersumber dari website resmi https://corona.jakarta.go.id/id/peta-persebaran.

Spanduk ini telah dipasang di area Kampung Tangguh Jaya untuk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan laju persebaran covid-19 dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dalam menekan laju persebaran.

Sosialisasi pendaftaran usaha kuliner ke Grabfood dan Gofood dilakukan dengan manyasar kepada pelaku usaha kuliner yang belum mendaftarkan usahanya ke layanan grabfood dan gofood di Komplek Perkampungan Industri Kecil (PIK).

Sosialisasi ini dilakukan dengan membagikan brosur tata cara dan prosedur yang harus dilakukan dan menjelaskannya kepada para pelaku usaha kuliner.

Kemudian juga disertakan kontak untuk dapat menghubungi lebih lanjut apabila ada kendala atau pertanyaan dalam pendaftaran usaha kuliner ke layanan grabfood atau gofood.

Selain itu pemasangan leaflet atau brosur juga dilakukan di area taman baca agar pelaku usaha kuliner lainnya yang lewat dapat mendapat informasi mengenai ini.

Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian pelaku usaha kuliner dan masyarakat setempat di tengah kondisi pandemi covid-19.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip yang dilakukan juga telah mendapat izin dan sambutan baik dari Sekretaris Kelurahan Penggilingan, Pimpinan Pangdam Jaya, serta Ketua RT 017 dan RW 05 Kampung Tangguh Jaya, Kelurahan Penggilingan.

Mereka mengapresiasi program-program kerja yang telah dilaksanakan.

“Prinsipnya kami di sini senang apabila Adik-Adik mau membantu berkontribusi di Kampung Tangguh Jaya dan adanya program yang bermanfaat buat masyarakat di sini,” imbuh Ahmad Sobri selaku Ketua RT 017/RW 05.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved