Breaking News:

Berita Tegal

Anggota PAC Ansor Bojong Kabupaten Tegal Membantu Mengecor Jalan yang Ambles. 

Anggota PAC Ansor Bojong Kabupaten Tegal Membantu Mengecor Jalan yang Ambles. 

Istimewa
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, saat memperbaiki kerusakan Jalan Gunung Anjing tepatnya ruas jalan Desa Lengkong dan Desa Batunyana beberapa waktu lalu.  

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, secara swadaya memperbaiki kerusakan Jalan Gunung Anjing tepatnya di ruas jalan Desa Lengkong dan Desa Batunyana, sebagai wujud kepedulian organisasi kepada masyarakat untuk keselamatan dalam berlalu lintas.

Ketua PAC Ansor Bojong Basrun As'adani atau Oni, didampingi Pimpinan Ranting (PR) Ansor Desa Lengkong Sidik Abadi, dan PR Ansor Batunyana Lilis Gunawan menyampaikan, kepedulian anggota Ansor-Banser melakukan penggalangan dana karena melihat akses jalan Lengkong-Batunyana merupakan jalan perekonomian antar desa. 

Disamping itu, secara terjadwal Ansor banser juga melakukan pengamanan jalan yang rusak dan mendirikan tenda posko jaga agar pengguna jalan bisa nyaman menggunakan jalan tersebut.

"Inisiatif tersebut datang dari sahabat-sahabat sejak awal bencana tanah longsor menutupi jalan. Secara sukarela mereka melakukan pengamanan jalan dan ikut menyisihkan rezeki untuk dikumpulkan, selanjutnya kami bersama-sama mengecor jalan yang ambles," Kata Oni, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (28/2/2021). 

Sebelumnya, jalan dua desa di Kecamatan Bojong tersebut pada tanggal 13 Februari 2021 lalu mengalami ambles dan sebelah pinggir jalannya mengalami longsor. 

Disaat itu curah hujan sanggat tinggi dan mengakibatkan jalur tersebut mengalami ambles dan susah untuk dilalui. Saat jalan ambles masyarakat sekitar banyak yang memanfaatkan jalur alternatif. Akan tetapi memerlukan waktu yang cukup lama. 

Jalur alternatif yang dimaksud bisa melalui jalan Suniarsih arah Bojong atau juga bisa lewat Danasari-Karangjambu. 

Sehingga Oni selaku PAC Ansor Bojong langsung berkoordinasi dengan PR Ansor Lengkong dan PR Batunyana, agar segera di laksanakan pengamanan dan kerja bakti.

Oni menuturkan setelah dilakukan pengecoran secara swadaya, pihaknya akan melihat situasi, jika memang sudah terasa aman, dirinya akan menarik anggota Ansor-Banser yang berada di lokasi bencana jalan ambles.

"Nanti lihat situasi, mudah-mudahan setelah dicor jalan ini kuat untuk lalu lintas kendaraan," ungkapnya. 

Sementara itu, PR Ansor Batunyana Lilis Gunawan menambahkan, amblesnya jalan penghubung antar dua desa lengkong dan desa batunyana sudah menjadi langganan setiap musim hujan. 

Karena tanahnya yang labil sering bergerak terlebih ketika curah hujan tinggi.

"Memang setiap musim hujan pasti ada longsoran atau tanah bergerak," imbuhnya. (dta) 

Editor: rival al manaf
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved