Breaking News:

12 Tersangka Teroris JI Sudah Rencanakan Bom Bunuh Diri

sebanyak 12 tersangka teroris jaringan JI Jawa Timur itu ditangkap aparat setelah diketahui telah merancang sejumlah aksi tindak pidana terorisme.

Editor: Vito
Antara
Ilustrasi. Foto: Diduga teroris seorang warga diciduk polisi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengamankan senjata api rakitan hingga puluhan butir peluru ketika menangkap 12 tersangka teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI) di Jawa Timur (Jatim) akhir pekan lalu.

Diketahui, barang bukti tersebut disita ketika menangkap pelaku di empat tempat terpisah, meliputi Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, dan Malang.

"Dari kegiatan-kegiatan tersebut telah diamankan barang bukti antara lain 50 butir peluru 9mm, pistol rakitan jenis FN," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Senin (1/3).

Selain itu, menurut dia, Tim Densus juga menyita bendera, senjata tajam, hingga perlengkapan yang terkait dengan tindak perkara terorisme para pelaku.

"Kemudian juga bendera daulat baik berwarna hitam maupun berwarna putih sebanyak empat bendera, delapan pisau, dua samurai, tiga golok, dan senjata tajam lain berbentuk busur lebih kurang 23 buah dijadikan barang bukti," jelasnya.

Rusdi menuturkan, sebanyak 12 tersangka teroris jaringan JI Jawa Timur itu ditangkap aparat setelah diketahui telah merancang sejumlah aksi tindak pidana terorisme. Satu di antaranya tengah merancang dalam pembuatan bunker senjata.

"Mereka telah melakukan aktivitas-aktivitas berupa latihan beladiri dan mereka juga sudah merancang bunker yang akan digunakan untuk kegiatan pembuatan senjata maupun bom rakitan," terangnya.

Tak hanya itu, Rusdi menyatakan, tersangka teroris JI Jawa Timur itu juga tengah mempersiapkan penyimpanan senjata dan tempat pelarian dalam kegiatan terorisnya.

"Kemudian juga telah mempersiapkan tempat penyimpanan senjata, dan juga telah mempersiapkan tempat pelarian setelah melakukan aktivitas terorisme," ungkapnya.

Menurut dia, seluruh pelaku juga diketahui tengah akan melakukan bom bunuh diri atau amaliah di lokasi tertentu. Namun, Polri masih mendalami terkait lokasi amaliah terhadap tersangka.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved