Breaking News:

Berita Karanganyar

Antisipasi Dosis Vaksin Terbuang, DKK Karanganyar Carikan Sasaran Secara Mendadak

DKK Karanganyar mencarikan sasaran vaksin secara mendadak untuk mengantisipasi dosis vaksin terbuang.

TribunJateng.com/Agus Iswadi
Sekretaris DKK Karanganyar, Purwati. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mencarikan sasaran vaksin secara mendadak untuk mengantisipasi dosis vaksin terbuang.

Sekretaris DKK Karanganyar, Purwati menyampaikan, dinas telah menerima 9.000 dosis untuk dua kali penyuntikan vaksinasi tahap kedua. Penyuntikan vaksin tahap kedua telah dimulai sejak pekan lalu.

Selain menyelesaikan sasaran nakes yang belum terdaftar, petugas pelayanan publik seperti OPD, anggota DPRD, wartawan serta kepolisian juga menjadi sasaran vaksin.

"Sudah diberikan kepada 3.586 sasaran. Ini TNI belum dilaksanakan karena menunggu arahan pusat. Insyaallah besok dilaksanakan serentak," katanya kepada Tribunjateng.com, Senin (1/3/2021). 

Di sisi lain, Purwati menjelaskan, dalam pelaksanaannya terkadang sasaran vaksinasi yang hadir tidak sesuai dengan jumlah vial yang telah disediakan. Dalam satu vial terdapat 10 dosis vaksin

"Kita satu vial kan untuk 10 dosis, sedangkan yang hadir kurang. Sehingga kita telepon mendadak. Katakanlah 60 sasaran, yang hadir 52, kan 8 sudah dibuka. Ini (dosis) bertahan 6 jam sehingga saya harus mencarikan supaya tidak terbuang. Itu lah kenapa kemarin saya telepon mendadak," ucapnya. 

Kendati demikian, langkah tersebut tidak mempengaruhi data sasaran vaksinasi. Pasalnya, dinas mencarikan sasaran lain yang telah terdata untuk memenuhi jumlah dosis tersebut. 

Purwati menuturkan, dinas menugaskan petugas untuk memantau setiap pelaksanaan vaksinasi di setiap fasyankes. 

"Kita komunikasi terus dengan fasyankes. Ada tim pemantau. Kurang sasaran apa tidak, kalau kurang kita carikan," ungkapnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved