Breaking News:

Berita Magelang

Balatkop Jateng Berharap Pelaku UMKM Melek Teknologi dan Manajemen Keuangan

Balatkop dan UMKM Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar pelatihan berjenjang kepada 25 pelaku UMKM.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Istimewa
Pelatihan manajemen usaha dan keuangan kepada para pelaku UMKM oleh Balatkop UMKM Jawa Tengah di Magelang, Minggu (28/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG - Balai Pelatihan Koperasi (Balatkop) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar pelatihan berjenjang kepada 25 pelaku UMKM dari 13 Kota/Kabupaten terkait manajemen usaha dan keuangan di Magelang. Pelatihan dilakukan selama 5 hari untuk membantu mengenalkan para pelaku usaha agar melek teknologi, bisa mengatur keuangan us

Pelatihan manajemen usaha dan keuangan kepada para pelaku UMKM oleh Balatkop UMKM Jawa Tengah di Magelang, Minggu (28/2/2021).
Pelatihan manajemen usaha dan keuangan kepada para pelaku UMKM oleh Balatkop UMKM Jawa Tengah di Magelang, Minggu (28/2/2021). (Istimewa)

ahanya dengan maksimal. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, pelaku usaha di Jawa Tengah sudah seharusnya mulai mengenal angka-angka bisnis agar manajemen keuangannya bisa berjalan. 

Hal ini menjadi perhatian khusus pemerintah karena permintaan pasar atas produk-produk usaha asal Jateng diminati perusahaan-perusahaan di manca negara. Seperti contoh UMKM di Kabupaten Pati diminta exspor ke Afrika meski dalam suasana pandemi Covid-19.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak yang mengatakan pemasaran dan penjualan jadi kendala. Melalui UMKM Virtual Expo 2021 kemarin, kami melihat permintaan pasar itu masih ada. Sayangnya, masih lemahnya kepekaan pelaku usaha dalam menghitung kapasitas dan kemampuan mengelola keuangan membuat tawaran ini tidak ditindaklanjuti," terangnya sebagaimana rilis tertulis yang diterima tribunjateng.com, Minggu (28/2/2021).

Ema berharapa, melalui pelatihan itu, nantinya dapat mewujudkan mimpi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mempersiapkan UMKM handal. Khususnya meningkatkan penjualan produk UMKM hingga miliaran rupiah baik domestik maupun luar negeri.

"Pelatihan manajemen usaha dan keuangan ini merupakan salah satu strategi baru untuk mencetak pelaku usaha rumahan yang profesional. Kegiatan ini melibatkan Bio Hadikesuma Management Training & Consulting sebagai pengampu untuk mewujdukan visi dan misi Provinsi Jateng," ujarnya. 

Kepala Balatkop Jateng, Hatta M Yunus menambahkan, 25 peserta pelatihan merupakan yang terpilih dari 2.264 UMKM se-Jawa Tengah. Dengan tujuan, dipersiapkan untuk menjadi pelaku usaha yang lebih mapan lagi.

Dengan pelatihan itu, pihaknya berusaha menjawab permintaan pasar dengan memperkuat pengetahuan bisnis calon UMKM unggulan tingkat Jateng. "Peserta yang berhasil melewati tes manajerial dari Bio Hadikesuma Management Training & Consulting ini berkesempatan untuk mengikuti pelatihan lanjutan di level berikutnya," terang Hatta.

Menurut Hatta, ada 3 pelatihan yang dikemas secara khusus oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah. Pertama, pelatihan manajemen pemasaran, kedua manajemen usaha dan keuangan,  serta manajemen operasional dan SDM.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved