Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Harga Cabai Rawit Setan di Pasar Trayeman Slawi Tembus Rp 110 Ribu per Kilogram

Padahal sebelum bulan Oktober 2020 harga cabai rawit setan masih sekitar Rp 12 ribu - Rp 18 ribu per kilogram

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Harga cabai rawit setan kembali melonjak bahkan sesuai update di pasar Trayeman Slawi Kabupaten Tegal mencapai Rp 110 ribu per kilogram, Senin (1/3/2021). 

Menurut salah satu pedagang cabai dan sayuran di Pasar Trayeman Slawi, Tonisah, faktor yang mempengaruhi harga naik karena intensitas hujan yang tinggi sehingga barang menjadi langka dan stok menipis. 

Padahal sebelum bulan Oktober 2020 harga cabai rawit setan masih sekitar Rp 12 ribu - Rp 18 ribu per kilogram. 

Setelah Oktober 2020 sampai sekarang ini harga terus naik bahkan mencapai Rp 110 ribu per kilogram. 

"Saya mengambil cabai rawit di daerah Temanggung. Dari distributor harga Rp 98 ribu per kilogram dan saya menjual Rp 110 ribu per kilogram. Kemarin bahkan sempat Rp 120 ribu per kilogram," ujar Tonisah, pada Tribunjateng.com. 

Sedangkan untuk jenis cabai yang lain seperti cabai rawit putih Rp 50 ribu per kilogram. 

Cabai merah keriting Rp 55 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp 70 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp 40 ribu per kilogram, dan cabai hijau besar Rp 22 ribu per kilogram. 

Selain harga cabai rawit setan, Tonisah menyebut jenis cabai lainnya harga masih tergolong normal atau tidak mengalami kenaikan harga.

"Ya sekarang saya istilahnya beli barang kulakan bisa, tapi yang dijual atau laku terjual sedikit. Jadi ya cukup berpengaruh, konsumen yang biasanya beli sampai 15 kilogram cabai rawit setan sekarang paling 5 kilogram," jelasnya.

Tidak hanya cabai rawit setan, Tonisah mengaku beberapa jenis sayuran juga mengalami kenaikan harga. Terutama sejak jalan menuju daerah Bojong, Bumijawa, dan Objek Wisata Guci ambles.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved