Breaking News:

KKN Undip

Kurangi Penularan Covid-19, Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Berbelanja Secara Daring

Pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat menjadi salah satu tantangan di masa pandemi Covid-19.

IST
Mahasiswa Undip, Elita Zaida Safira saat mengedukasi masyarakat untuk berbelanja secara online selama pandemi Covid-19. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa KKN Undip Tim I Tahun 2021 mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk berbelanja secara online selama pandemi Covid-19 kepada warga RT 07/RW 03 Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

New normal atau kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan hidup bersih dan sehat atau berkegiatan di luar rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan jadi tuntutan.

Pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat menjadi salah satu tantangan di masa pandemi Covid-19.

Demi memenuhi kebutuhannya, sebagian besar warga harus keluar rumah dan berbelanja di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan. Namun tentunya, kegiatan ini berpotensi menciptakan kerumunan.

Dengan adanya hal tersebut, perlu dilakukan pencegahan. Solusinya dengan membiasakan diri berbelanja secara online
atau daring.

Kegiatan program KKN yang dilakukan mahasiswa Undip, Elita Zaida Safira memiliki tujuan untuk menghimbau sekaligus mengajak masyarakat khususnya warga RT 07/RW 03 mulai membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara berbelanja secara daring.

Selain mengurangi risiko penularan, belanja online juga menjadi upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Sebab, akan mengurangi kontak langsung dan menghindari bertemu banyak orang.

Belanja online juga meminimalisisasi transaksi menggunakan uang tunai.

Kurangnya minat belanja online dapat dikarenakan masyarakat masih kurang percaya dengan kualitas produk yang dijual.

Namun memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, tentunya pemilik usaha dan teknologi mengalami kemajuan dengan memberikan jaminan kualitas produk yang dijual, kemudahan proses pembayaran, pemberian promo dan diskon, serta percepatan waktu pengiriman sekaligus garansi.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara door to door di wilayah RT 07/RW 03 Kelurahan Pedalangan.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi menggunakan media brosur yang didesain semenarik mungkin agar warga berminat untuk mulai menerapkan kegiatan berbelanja online.

Melalui kegiatan sosialisasi, warga diberikan edukasi dan informasi tentang kelebihan berbelanja secara online, cara aman terima paket belanja online saat pandemi Covid-19, serta barang-barang apa saja yang bisa dibeli secara online.

Tak hanya itu, masyarakat yang belum mengerti sama sekali penggunaan aplikasi online untuk berbelanja online di Gomart oleh Gojek dan Grabmart oleh Grab dapat mengakses video tutorial yang mahasiswa KKN Undip cantumkan pada link barcode di bagian belakang brosur.

Melalui kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan, diharapkan ke depannya masyarakat Kelurahan Pedalangan dapat senantiasa menerapkan kebiasaan berbelanja online selama pandemi Covid-19. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved