Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Dampingi Warga Bikin Nugget Ayam Tanpa Pengawet

Salah satu makanan sehat yang banyak digemari adalah nugget ayam home made yang tidak menggunakan bahan pengawet makanan.

IST
Pelatihan pembuatan nugget ayam tanpa pengawet oleh mahasiswa KKN Undip 20210 pada warga. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama 11 bulan di Indonesia mengakibatkan dampak serius pada sektor ketenagakerjaan.

Angka pengangguran di Indonesia meningkat akibat pandemi dan banyaknya angkatan kerja baru yang tidak terserap.

Bisnis rumahan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran terutama bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) saat pandemi Covid-19.

Bisnis rumahan yang sedang booming adalah makanan sehat.

Salah satu makanan sehat yang banyak digemari adalah nugget ayam home made yang tidak menggunakan bahan pengawet makanan.

Nugget ayam tanpa pengawet merupakan produk olahan daging ayam yang dimodifikasi dengan menambahkan sayuran seperti wortel dan tidak menggunakan bahan pengawet sehingga dapat dikonsumsi oleh berbagai kelompok umur baik balita, remaja, dewasa maupun lansia.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, Lidya Yekti Kumala mengadakan pelatihan pembuatan nugget ayam tanpa pengawet sebagai mata pencaharian baru selama pandemi.

Kegiatan pelatihan pembuatan nugget ayam tanpa pengawet sebagai mata pencaharian baru selama pandemi dilaksanakan di salah satu rumah warga RT 03 / RW 01 Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa KKN Undip mengajarkan cara pembuatan nugget ayam tanpa pengawet.

Nugget ayam tanpa pengawet mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Nugget ayam tanpa pengawet dibuat dengan bahan berupa daging ayam dan telur ayam sebagai sumber protein dan lemak, tepung panir roti sebagai sumber energi serta wortel sebagai sumber vitamin dan serat.

Mahasiswa KKN Undip juga menjelaskan tentang cara pemasaran dan cara penyimpanan nugget ayam tanpa pengawet yang benar agar dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang kehilangan mata pencaharian sehingga mampu membantu perekononomian masyarakat selama masa pandemi,” ujar Lidya.

Salahsatu peserta pelatihan, Ana mengatakan, pembuatan nugget ayam tanpa pengawet dapat dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja sehingga dapat menambah penghasilan suami.

“Penjelasan yang diberikan Mbak Lidya mudah dimengerti dan cara pembuatan nugget ayam tanpa pengawet pun mudah sehingga dapat dilakukan oleh semua orang. Nugget ayam tanpa pengawet juga dapat dipasarkan secara online terutama di saat pandemi seperti ini,” ujar peserta lain. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved