Breaking News:

Berita Temanggung

Stunting Jadi PR Pemkab Temanggung 2021, Tembus 7.143 Kasus

Kasus stunting atau balita pendek di Kabupaten Temanggung mengalami kenaikan pada 2020-2021.

TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Ibu dan anak mengikuti bimbingan pencegahan stunting di Kantor Kecamatan Gemawang Kabupaten Temanggung, Senin (1/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Kasus stunting atau balita pendek di Kabupaten Temanggung mengalami kenaikan pada 2020-2021. Hingga kini, total kasus balita yang mengalami stunting mencapai 7.143 anak.

Jumlah ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Temanggung agar bisa menekan angka kasus stunting dengan pola pencegahan sedini mungkin. Khususnya bagi wilayah yang terdapat kasus cukup tinggi, seperti contoh Kecamatan Gemawang.

Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo mengatakan, PR Pemerintah Temanggung yang tidak kalah penting saat ini melakukan pencegahan agar anak dilahirkan dalam keadaan normal tanpa kekurangan fisik. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan generasi bangsa yang unggul dan berkemampuan tinggi dan cerdas.

"Kami sambut baik program dari Poltekkes Kemenkes Semarang ini untuk menekan angka stunting di Temanggung. Karena stunting masih menjadi PR khusus Pemerintah Temanggung, khususnya di Kecamatan Gemawang dengan kasus yang cukup tinggi," terangnya di Temanggung, Senin (1/3/2021).

Menurut Heri, upaya mencegah terjadinya stunting menjadi peran penting untuk menjaga generasi yang unggul. Baik dalam bidang pertumbuhan fisik maupun intelejensi anak. 

Dimulai dari tingkat kesadaran masyarakat untuk memberikan asupan gizi dan protein yang mumpuni saat hamil dan pasca melahirkan dan memperhatikan pola makan agar pertumbuhan anak dari dalam kandungan hingga setelah dilahirkan bisa maksimal. 

"Tingkat kesadaran masyarakat Temanggung yang masih kurang dalam mengonsumsi makanan kaya protein dan gizi. Sehingga pertumbuhan anak tidak terjaga dan cenderung terhambat. Makanya sasaran utamanya ibu hamil untuk menjaga kualitas calon anak yang bakal dilahirkan"

"Ini tugas kader dan petugas kesehatan setempat untuk mengingatkan dan memantau, termasuk kesehatan gigi dan mulutnya. Harus terus berjalan di tingkat kecamatan ataupun desa," ujarnya. 

Sekretaris Dinkes Temanggung, Khabib Mualim menjelaskan, dari total 7.143 kasus stunting tingkat kabupaten, sebanyak 384 kasus terjadi di Kecamatan Gemawang. Jumlah ini menempatkan Gemawang menjadi daerah dengan kasus stunting tertinggi di Temanggung.

Selain pencegahan, perlu ada upaya menyembuhkan balita yang sudah terkena stunting dengan memberikan nutrisi dan gizi maksimal dan seimbang untuk menunjang pertumbuhan fisik dan kecerdasannya. 

Halaman
123
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved