Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Semarang Manfaatkan Tanaman Sekitar Jadi Jamu Pencegah Covid-19

Program CECOSIA ini banyak lansia yang berharap jamu empon-empon ALTEA dapat diperjual belikan karena banyak Ibu-ibu lansia.

IST
Mahasiswa KKN Undip saat sosialisasi cegah covid-19 dengan Jamu Altea kepada lansia di Posyandu lansia Kelurahan Pekauman, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL – Masyarakat membutuhkan perhatian lebih dalam mengejar kesejahteraannya sendiri, terutama dalam kesehatan bagi lansia yang menjadi kelompok mayoritas di wilayah Pekauman, Kendal.

Dalam kondisi seperti ini, banyak lansia yang meremehkan virus Covid-19 ini.

Terlihat ada banyak yang tidak menerapkan protokol Kesehatan.

Namun, kegiatan seperti posyandu lansia masih dilakukan walaupun beberapa lansia banyak yang terpapar virus corona.

“Iya beberapa lansia di sekitar sini belum memiliki pemahaman yang baik, malah ada beberapa yang terpapar Covid-19,” kata Dian selaku bidan desa di wilayah Pekauman.

Kegiatan posyandu lansia ini pun menjadi sorotan yang paling beresiko namun penting dilakukan bagi para lansia.

Maka dari itu, dalam rangka upaya pemberdayaan masyarakat melalui program kegiatan KKN Undip Tim 1 Periode 2021, Sania Cahyaningtyas salah satu Mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip, Mendobrak Posyandu lansia dengan menyuguhkan acara bertajuk “Cecosia (Cegah Covid pada Lansia”.

Salah satu bagian acara ini yaitu memberikan Jamu yang bernama “Altea” yang biasa disebut “Jamu Tombo Covid” kepada lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Pekauman, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal.

Tak hanya itu penyuluhan tentang pengertian, upaya pencegahan covid, dan pemahaman perseorangan pun diberikan.

Tentunya dengan protokol Kesehatan yang ketat

Mulanya, pelaksanaan kegiatan Cecosia diawali dengan penjelasan tentang Covid-19, pencegahan dan pengobatannya dan kerentanan imunitas lansia dibandingkan usia lainnya.

Salah satu alternatif peningkat imunitas yaitu dengan tanaman obat Keluarga yang banyak tersedia di wilayah Kelurahan Pekauman yang dapat diramu menjadi Jamu Altea serta apa manfaatnya bagi para lansia, serta pemberian resep agar dapat dibuat mandiri kembali jika dibutuhkan.

Jadi setelah lansia posyandu maka akan diberikan jamu dan diberikan penjelasan tentang kandungan jamu tersebut yang bertujuan untuk menambah daya tahan tubuh para lansia.

“Saya sangat berterima kasih terhadap adanya kegiatan KKN Pulang Kampung dari Undip, ditengah pandemi Covid-19 ini juga semoga Mahasiswa KKN Undip dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dengan pemberian Jamu Altea ini,” ujar salah satu peserta Posyandu, Henny.

Dengan adanya program CECOSIA ini banyak lansia yang berharap jamu empon-empon ALTEA dapat diperjual belikan karena banyak Ibu-ibu lansia menyukai rasanya yang enak dan berkhasiat.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved