Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa Undip Semarang Bantu UMKM di Masa Pandemi Melalui Pembukuan Keuangan

UMKM sendiri sangat terdampak pada masa pandemi ini karena UMKM mempunyai target pasar yang kecil, begitupun pendapatan dan keuntungan yang didapatkan

IST
Mahasiswa KKN Undip Mahatma Maghfirandito secara mandiri melakukan sosialisasi dengan tema Pemberdayaan UMKM tentang Pentingnya Pembukuan Keuangan kepada pemilik UMKM di sekitaran Kelurahan Tlogomulyo. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian.

Beberapa Industri di Indonesia banyak yang gulung tikar, namun tidak hanya Industri besar, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah yang ada di wilayah Indonesia juga banyak yang mengalami kebangkrutan.

UMKM sendiri sangat terdampak pada masa pandemi ini karena UMKM mempunyai target pasar yang kecil, begitupun pendapatan dan keuntungan yang didapatkan.

Mahasiswa KKN Undip Mahatma Maghfirandito secara mandiri melakukan sosialisasi dengan tema Pemberdayaan UMKM tentang Pentingnya Pembukuan Keuangan kepada pemilik UMKM di Kelurahan Tlogomulyo, Pedurungan, Kota Semarang.

Kegiatan ini guna meningkatkan manajemen keuangan di dalam usahanya.

Permasalahanya banyak wirausaha masyarakat yang kurangnya pemahaman mengenai manfaat adanya pembukuan, terutama di masa Covid-19 dimana konsumen otomatis berkurang.

Oleh karena itu pembukuan memiliki beberapa manfaat di antaranya mengetahui kondisi terkini sebuah usaha, memiliki data dan informasi untuk menentukan langkah selanjutnya.

Kegiatan ini dilakukan penjelasan secara online melalui Whatsapp untuk mengurangi kontak langsung lalu keesokan hari memberikan modul kepada pemiliknya

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan adanya kesadaran warga dalam usahanya bahwa pembukuan itu penting, terlebih di masa pandemi ini agar dapat menggunakan uang usahanya dengan baik dan benar. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved