Breaking News:

Penipuan

Pegawai Notaris Karanganyar Dapat Uang Rp 800 Juta, Caranya Memalsukan Covernote

Pegawai notaris Karanganyar berinisial VA (34) yang diduga memalsukan covernote untuk jaminan pinjam uang ke bank. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Satreskrim Polres Karanganyar mengamankan seorang karyawan notaris berinisial VA (34) yang diduga memalsukan covernote untuk jaminan pinjam uang ke bank. 

Kasus penipuan itu bermula saat Direktur Bank A yang melakukan konfirmasi ke notaris tempat pelaku bekerja untuk menanyakan tentang agunan atau jaminan sertifikat hak milik atas nama VA yang dijaminkan ke bank pada Kamis (1/10/2020). 

Sertifikat hak milik atas nama pelaku yang terletak di desa Kayuapak Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo itu diketahui seluas 101 meter persegi. 

Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Tegar Satrio Wicaksono menyampaikan, direktur bank itu merasa curiga karena covernote yang digunakan untuk mengurus proses balik nama sertifikat tanah tidak kunjung selesai hingga batas waktu yang disepakati. 

"Kan ada waktunya. ketika covernote itu dikasih biasa paling lambat 3 bulan-6 bulan.

Sudah lewat, agunan tidak dikembalikan.

Akhirnya konfirmasi ke notaris bener nggak ini mengeluarkan covernote ini? Nggak pernah," katanya saat konferensi pers di Kantor Satreskrim Polres Karanganyar, Selasa (2/3/2021). 

Lanjutnya, setelah dimintai keterangan, ternyata pelaku juga memalsukan covernote tersebut ke bank lainnya di Karanganyar.

Setelah uang pinjaman di satu bank telah dicairkan, kemudian jaminan itu diambil lagi oleh pelaku untuk dimasukan ke bank lainnya. 

"Modusnya covernote yang telah diambil di bank itu dijaminkan lagi ke bank lain.

Halaman
12
Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved