Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Berikut Lokasi Rawan Bencana Alam di Kabupaten Tegal Menurut Kapolres AKBP Iqbal

Kapolres Tegal, AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, memberikan informasi mengenai daerah mana saja yang termasuk dalam wilayah rawan bencana alam

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Kapolres Tegal, AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, saat memantau kegiatan pelatihan SAR dan simulasi terjadinya bencana alam banjir yang dilakukan oleh Tim dari anggota Polres Tegal, Lanal Tegal, dan Kodim 0712 Tegal, berlokasi di objek wisata Purwahamba Indah (Pur'in), Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Rabu (3/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Curah hujan yang masih cukup tinggi khususnya di wilayah Kabupaten Tegal, menimbulkan beberapa bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, angin puting beliung, dan amblesnya akses jalan karena tanah yang bergerak.

Pada kesempatan ini, Kapolres Tegal, AKBP Muhammad Iqbal Simatupang, memberikan informasi mengenai daerah mana saja yang termasuk dalam wilayah rawan bencana alam. 

Menutnya, wilayah atas atau tepatnya di Kecamatan Bumijawa dan Bojong karena sering terjadi bencana tanah longsor terutama saat musim hujan. 

Belum lama ini juga terjadi bencana angin puting beliung yang mengakibatkan rumah warga rusak. 

Selain itu, Kecamatan Balapulang tepatnya di Kalibakung yang terdapat jalan ambles karena tekstur tanah yang labil dan masih terus bergerak. 

Sehingga di beberapa titik jalan menuju objek wisata Guci dan sekitarnya saat ini terdapat patahan-patahan. 

"Kami tentunya tidak berharap terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Tegal, namun melihat cuaca yang masih sering terjadi hujan beberapa daerah menjadi rawan seperti Bumijawa dan sekitarnya," jelas AKBP Iqbal, pada Tribunjateng.com, Rabu (3/3/2021). 

Dikatakan, pihak Polres Tegal dan unsur lainnya siap membantu dan mengantisipasi jika terjadi patahan susulan ataupun longsor kecil susulan. 

Begitu juga dari Pemkab Tegal yang siap mengantisipasi.

"Kalau di kami misal ada kejadian bencana tim dari Polres turun semua, termasuk dari TNI, dan rekan-rekan lainnya. Jadi ya tidak ada tim khusus melainkan semuanya ikut bergerak bersama untuk membantu," ungkapnya.

Tambahan informasi, pada hari Rabu (3/3/2021) berlokasi di objek wisata Purwahamba Indah (Pur'in) Kecamatan Suradadi, Tim gabungan TNI-Polri mengadakan giat pelatihan SAR dan simulasi menghadapi bencana alam.

Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas antara Polri dan TNI yang ada di wilayah hukum Polres Tegal. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved