Breaking News:

Berita Semarang

BI Dorong Pelaku UMKM Melalui Penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia

Dalam mendorong Gernas BBI, Bank Indonesia ditugaskan sebagai Movement Manager Gernas BBI

Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Pribadi Santoso ketika sedang mengunjungi stand UMKM di Karya Kreatif Indonesia (KKI), yang dilangsungkan di lobi Bank Jateng. 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Pribadi Santoso ketika sedang mengunjungi stand UMKM di Karya Kreatif Indonesia (KKI), yang dilangsungkan di lobi Bank Jateng.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Pribadi Santoso ketika sedang mengunjungi stand UMKM di Karya Kreatif Indonesia (KKI), yang dilangsungkan di lobi Bank Jateng. (Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani)

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG –  Guna mendorong program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Bank Indonesia ditugaskan sebagai Movement Manager Gernas BBI.  

Adapun Gernas BBI tahun 2020 telah berhasil melakukan onboarding 3,7 juta ke ekosistem digital atau 85 persen lebih tinggi dari target 2 juta UMKM. Sementara, tujuan dan target Gernas BBI 2021 diperluas menjadi jumlah UMKM onboarding sebanyak 30 juta unit di tahun 2023, meningkatkan belanja pemerintah atas produk-produk UMKM lokal, dan meningkatkan peran Pemerintah Daerah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jateng, Pribadi Santoso mengatakan Gernas BBI 2021 dilaksanakan pada wilayah destinasi pariwisata super prioritas (DSP) salah satunya Borobudur. Kegiatan ini akan diselaraskan dengan Gerakan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

“Sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program Gernas BBI dan BWI 2021 dan sejalan dengan program kerja, Bank Indonesia kembali menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI). KKI 2021 akan dilaksanakan dalam tiga seri di mana seri-1 dimulai bulan Maret yang dilaksanakan secara hybrid dengan tema Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata,” ujar Pribadi kepada Tribun Jateng, Rabu, (3/3/2021).

Dikatakannya, pameran virtual dilakukan melalui website KKI yakni www.karyakreatifindonesia.co.id, platform Bangga Lokal-BCA Shopee, Blibli, JD.ID, Bhinneka.com, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan Gojek  pada tanggal 3-31 Maret 2021.  

Sementara display fisik dilaksanakan di berbagai lokasi, diantaranya seperti Pantai Kuta Mandalika, Bandara Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Epicentrum Mall, Dinas Perdagangan Prov. NTB, Kantor Cabang BCA NTB, Grand Indonesia, Dekranasda Prov. NTB, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, dan 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia.  

“KKI 2021 seri-1 ini diselenggarakan bertepatan dengan momentum Bank Indonesia sebagai Movement Manager Gernas BBI dan BWI 2021. Sejalan dengan misi KKI untuk meningkatkan kapasitas dan akses pasar UMKM, Gernas BBI dan BWI merupakan upaya Bank Indonesia bersama pemerintah dalam meningkatkan semangat bangga produk lokal, bangga berwisata di Indonesia dan akselerasi transformasi digital UMKM,” terangnya.

Showcase atau display fisik dalam pembukaan KKI tahun 2021 seri-1 yang dilangsungkan selama tiga hari mulai 3-5 Maret 2021 di lobi Bank Jateng ini, diikuti oleh beberapa UMKM diantaranya seperti, Yuta, Liz Kitchen, Tempe King, Abon Ikan Kembar, Kopi Posong, Andjani Bag, My Daily Hijab.

Meski masih dalam kondisi pandemi, KKI 2021 diharapkan dapat menjadi media dalam mendorong bangkitnya aktivitas perekonomian nasional. “Karena itu sebagai bukti Bangga Buatan Indonesia, BI mengajak untuk turut berbelanja produk premium hasil karya UMKM Indonesia baik secara offline khususnya di showcase yang hari ini ditampilkan, maupun secara online diantaranya dengan mengunjungi website www.karyakreatifindonesia.co.id,” jelasnya.

Co-Founder Liz Kitchen, Lies Mawar merasa senang dengan adanya penyelenggaraan KKI 2021 ini, sebab dinilai dapat membantu pemasaran dan penjualan dari produk yang ditawarkannya.

“Tentunya saya sangat senang, usaha yang saya miliki ini dapat mengikuti KKI 2021. Harapannya semoga dengan mengikuti KKI ini dapat membantu mendongkrak penjualan produk yang saya tawarkan, khususnya di tengah masa pandemi covid-19 saat ini,” ucap Lies. 

Lies pun berharap melalui keikutsertaannya, juga dapat membantu mendorong usahanya untuk dapat menembus pasar internasional. (*)

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved