Breaking News:

Berita Semarang

BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda Catatkan Peningkatan Kepesertaan Tenaga Kerja Penerima Upah

BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda mencatatkan adanya peningkatan kembali kepesertaan untuk TK PU.

Tribun Jateng/Ruth Novita Lusiani
Kegiatan media gathering yang diadakan BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda, bersama dengan Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda, Agus Suyono (dari kanan no 2) dan Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda, Teguh Wiyono (dari kanan no 3). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memasuki tahun 2021, BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda mencatatkan adanya peningkatan kembali kepesertaan untuk tenaga kerja penerima upah (TK PU), dimana sebelumnya di awal adanya pandemi covid-19 kepesertaan untuk TK PU ini sempat mengalami penurunan. Hal ini dituturkan oleh Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda, Agus Suyono. 

“Diawal adanya pandemi, BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda sempat mencatatkan adanya penurunan jumlah kepesertaan untuk TK PU. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ketika memasuki bulan Desember 2020 lalu, kepesertaan untuk TK PU perlahan-lahan mengalami peningkatan kembali,” ujar Agus kepada Tribun Jateng, Selasa, (2/3/2021). 

Berdasarkan data yang ada, TK PU pada bulan Januari 2020 lalu tercatat sebanyak 262.190 peserta, Juni 2020 sebanyak 253.995 peserta, Desember 2020 sebanyak 259.995 peserta, Januari 2021 sebanyak 259.575 peserta, dan Februari 2021 sebanyak 261.793 peserta. 

“Penurunan TK PU diawal masa pandemi lalu, didominasi oleh adanya para pekerja yang memilih untuk berpindah lokasi kerja, biasanya berpindah karena lebih tertarik dengan jam kerja atau gaji yang ditawarkan,” imbuhnya. Sementara itu untuk penambahan kepesertaan saat ini, dikatakan Agus didominasi oleh para peserta yang bekerja di sektor garmen. 

Selain itu, terkait dengan pelayanan dimasa pandemi, BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda juga mencatatkan adanya peningkatan penggunaan layanan secara online oleh para pesertanya.

“Terkait dengan layanan dari awal pandemi hingga sekarang, tetap berjalan seperti biasanya, baik untuk klaim Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), hingga Jaminan Pensiun (JP). Hanya saja kami memberikan inovasi layanan secara online yakni melalui Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun,” tutur Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda, Teguh Wiyono. 

Adanya alternatif layanan secara online pun dikatakan Teguh diminati oleh para peserta BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda, dimana dalam sehari sekira 120 hingga 125 peserta menggunakan layanan online ini. Sedangkan untuk peserta yang datang langsung ke kantor cabang, berkisar 40 peserta setiap harinya.

“Dalam kondisi pandemi covid-19 ini pun kami mencoba untuk mendorong para peserta untuk memanfaatkan layanan online ini, khususnya bagi para peserta yang ingin mengajukan klaim JHT. Dengan begini, kami pun berharap dapat membantu pemerintah mencegah penularan virus covid-19 dengan meminimalisir adanya kerumunan,” terangnya. 

Kedepannya, Teguh menuturkan BPJAMSOSTEK akan menghadirkan layanan full digital. Dimana untuk saat ini, layanan tersebut sedang dipersiapkan oleh kantor pusat. Sehingga diharapkan dengan adanya inovasi layanan ini, dapat memudahkan peserta dalam mengajukan klaim. 

“Mudah-mudahan layanan ini segera terimplementasi, adapun untuk saat ini masih dalam tahap persiapan dari kantor pusat,” tandasnya. (*) 

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved